Warga RT 06 Pipitan Tetap Semangat meski Salah Strategi

0
882 views

WALANTAKA – Persiapan RT 06 RW 02, Lingkungan/Kelurahan Pipitan, Kecamatan Walantaka, diklaim tinggal 20 persen lagi. Warga tinggal merampungkan beberapa kegiatannya, termasuk memperbaiki hasil penataan yang telah mereka lakukan.

“Sudah sekitar 80 persen selesai. Sekarang lagi enggak ada penataan dulu karena fokus untuk persiapan peringatan HUT RI ke-75. Kemarin juga lahan yang akan kami gunakan dipakai hajat salah satu warga,” kata Ketua RT 06 Sukanto pada Rabu (12/8).

Dijelaskan Sukanto, selain kebun sayur, pengecatan dan pemagaran juga belum selesai. Beberapa titik jalan masih perlu dipagari dan dicat.

“Kalau taman dan pos ronda kan sudah selesai, sisanya tinggal sedikit lagi. Sekarang, penataan yang dilakukan agak santai. Tidak seriweuh dulu,” ungkap Sukanto.

Faqih, salah satu pemuda RT 06, menjelaskan bahwa ada kesalahan strategi yang dilakukan warga. Saat mendapat kabar bahwa RT-nya diikutkan Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020, semua warga bergotong royong. Warga langsung ngebut menata kampungnya tanpa memperkirakan waktu penilaian.

“Kami salah di awal. Pertama, kami semua warga RT 06 menggebu-gebu melakukan penataan. Setiap hari penataan sampai pagi. Tapi setelah kami tata, warga juga bertanya-tanya, ternyata waktu penilaian masih lama. Jadi banyak yang perlu diperbaiki lagi. Sejak akhir bulan lalu, kami mulai memperbaiki pelan-pelan yang rusak,” terang Faqih.

Sementara, pemuda RT 06 Daus mengungkapkan bahwa waktu yang diberikan panitia LRLA kepada warga untuk mempersiapkanan RT-nya itu membawa dampak positif. Setelah konsep penataan sesuai rencana awal rampung, warga kebingungan karena waktu penilaian masih lama. Akhirnya, beberapa warga menginisiasi pembuatan taman.

“Jadi ada hikmahnya juga sih, pas bingung mau ngapain lagi, akhirnya justru sekarang kami punya taman,” tandas Daus. (rio/don)