Warga RT 06, Sukalila, Bidik Kampung Aman

0
636 views

WALANTAKA – Ketua RT 06 RW 03, Kelurahan Kepuren, Kecamatan Walantaka, Edi Suherdi mengklaim, kampungnya nihil kasus tindak pidana selama 2019 hingga April 2020. Keamanan lingkungan menjadi untuk meraih poin tinggi dalam Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020.

Menurut Edi, pernyataannya itu dibuktikan dengan tidak adanya kasus kriminalitas yang melibatkan warganya. Seperti kasus narkoba, kekerasan dalam rumah tangga (KDRT), kekerasan seksual terhadap anak, dan tawuran antarpelajar. “Kalau soal keamanan, lingkungan kami dijamin paling aman,” tegasnya kepada Radar Banten, Senin (6/4).

RT di Lingkungan Sukalila yang dihuni oleh 800 jiwa dari 151 kepala keluarga ini juga dikenal dengan kekompakan warganya menjalankan sistem keamanan lingkungan (siskamling). Setiap malam, sekira 10 orang berjaga di pos ronda. “Jadi kondusif,” katanya.

Diakui Edi, kegiatan siskamling gencar dilaksanakan warganya sejak 2019. Keikutsertaan RT 06 RW 03, Lingkungan Sukalila, di LRLA, menambah semangat warganya menjaga keamanan lingkungan. Pengurus RT pun berencana membentuk kelompok penggerak sadar hukum dan melengkapi peralatan keamanan di pos ronda.

“Kita juga bakal menata lingkungan dengan pemagaran dan pengecatan jalan lingkungan., Serta, penanaman pohon di pekarangan rumah warga,” ungkap Edi.

Ketua RW 03, Lingkungan Sukalila, Tb Yamleh menilai, LRLA mampu menjadikan lingkungan RT 06 bersih dan indah, meskipun warga sudah menyerahkan pembuangan sampah kepada petugas dengan membayar iuran Rp15.000 per bulan. “Enggak cukup kalau cuma bersih, tapi juga harus indah dan aman,” ujarnya. (mg06/don)