Warga RT 07 Ikut Memanfaatkan Tanaman Sayur

CURUG – Langkah warga RT 01 RW 01 di Lingkungan Curug diikuti oleh warga Lingkungan Kerasikan Masjid, RT 07 RW 02, Kelurahan Curugmanis, Kecamatan Curug. Untuk menghijaukan lingkungan, warga RT 07 sama-sama memanfaatkan tanaman sayur di halaman rumahnya.

“Kami fokus penghijauan dengan memanfaatkan tanaman sayuran seperti cabai, tomat, terong, dan lainnya. Soalnya, masyarakat juga sebelum lomba (Lomba Resik Lan Aman/LRLA Kota Serang 2020-red) sudah banyak yang melakukan itu. Jadi, tinggal kita arahkan supaya bisa lebih tertata,” kata Ketua RT 07 Sadikin pada Senin (27/4).

Beberapa jenis tanaman sayur itu, menurut Sadikin, telah ditanam di beberapa halaman rumah warganya menggunakan polybag. Ia pun mengaku telah melakukan pembibitan tanaman sayur di rumahnya. Sadikin berencana untuk membagi-bagikannya kepada warga. Nantinya, tanaman sayur tidak hanya ditanam di halaman rumah warga. Tetapi juga di pinggir jalan lingkungan RT 07.

Agar tanaman sayur bisa tumbuh dengan baik di pinggir jalan, warga RT ini telah memasang pagar. Hampir semua gang di RT 07 telah dilengkapi pagar bambu. Gotong royong pembuatan dan pemasangan pagar bambu ini dimotori oleh pemuda RT 07.

“Warga, Alhamdulillah, pada semangat. Begitu dikasih tau ikut lomba, mereka gotong royong dan berswadaya untuk melakukan pemagaran. Kebeneran di lingkungan kami banyak pohon bambu milik warga yang bisa dibeli,” jelas Sadikin.

Sementara, Ketua Pemuda RT 07 Ahmad mengatakan, pemuda di RT-nya selalu aktif mengikuti kegiatan warga. “Pemagaran kan siang-malam, siangnya nebang pohon bambu dan dipotong kecil-kecil. Malamnya dibikin pagar,” ujarnya.

Ketua RW 02 Subali berharap, kegiatan LRLA bisa menjadikan lingkungannya lebih bersih dan sehat. ”Semoga, masyarakat jadi tergugah, sehingga bisa menjaga kebersihan lingkungannya,” ucapnya. (rio/don)