Warga RT 07 Jami Terus Bergerak

0
889 views

WALANTAKA – Warga RT 07 RW 02, Lingkungan Jami, Kelurahan Kalodran, Kecamatan Walantaka, terus berusaha memberikan yang terbaik. Tidak hanya untuk lingkungannya, tetapi juga untuk mendapatkan nominasi juara di Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020.

Ketua Pemuda RT 07 Humaedi menjelaskan bahwa pemuda dan warga RT ini membenahi lingkungannya sesuai arahan tim juri saat penilaian tahap pertama LRLA pada periode 4-15 Mei 2020. Antara lain, membersihkan lingkungan dari sampah, memasang pagar sepanjang 300 meter, melakukan penghijauan, dan memperbanyak tanaman bunga.

“Selain renovasi pagar, kita juga sedang bikin pot bunga dari ban bekas,” ujarnya kepada Radar Banten, Kamis (2/7).

Pos ronda RT 07 yang sebelumnya mendapat kritik dari tim juri, lanjut Humaedi, telah direnovasi. Soalnya, bangunan pusat kegiatan warga melaksanakan sistem keamanan lingkungan (siskamling) tersebut catnya telah kusam, atapnya bolong, dan fondasinya rapuh.

“Pas ada juri di penilaian pertama, pos ronda jadi bahan kritikan,” tegas Humaedi.

Renovasi pos ronda pun mulai dilakukan warga sepekan lalu. Meski tidak merombak seluruh kerangka bangunan, atapnya diganti. Fondasi juga diganti dengan kayu yang lebih kuat. Pengecatan juga dilakukan dengan warna hijau dan merah. “Catnya ini bekas sisa ngecat pagar,” jelas Humaedi.

Selanjutnya, warga akan melengkapi alat keamanan di pos ronda, seperti buku mutasi tamu, borgol, nomor telepon penting atau darurat, pentungan hansip, kentongan, jadwal ronda, dan alat pemadam api ringan. “Kalau kegiatan siskamlingnya mah aktif banget di sini,” tandasnya.

Lurah Kalodran H Arifudin mengaku, warga di enam RT di wilayahnya yang ikut LRLA sudah mengurus pengesahan pembentukan kelompok sadar hukum dan kelompok pemuda penggerak lingkungan di masing-masing RT. Ia berharap, semangat warganya tidak kendor dan terus termotivasi menata lingkungannya.

“Kedatangam tim juri pada penilaian tahap pertama benar-benar bikin warga terpacu untuk membenahi lingkungan,” pungkas Arifudin. (mg06/don)