Warga RT 10 Keboncau Berencana Buat Taman

0
433 views

PAMARAYAN – Pemagaran dan pengecatan telah dimulai sejak dua bulan lalu. Warga RT 10 RW 03, Kampung Keboncau, Desa Keboncau, Kecamatan Pamarayan, pun berencana membuat taman. Mereka bertekad menjadikan kampungnya bersih dan tertata.

Persiapan kampung ini menghadapi Lomba Kampung Bersih dan Aman (LKBA) Kabupaten Serang 2020 diakui sudah mencapai 40 persen. Warga kampung ini juga telah merampungkan pembangunan gapura. Gerbang masuk kampung ini juga telah dihias dengan pengecatan.

Untuk menambah warna kampung ini, beberapa rumah warga mulai menanam bunga. Untuk penghijauan, warga menanam tanaman jenis sayur. Juga di pekarangan rumah.

“Di Lomba Kampung Bersih dan Aman ini, kami memang lebih fokus untuk penghijauan, karena lebih bermanfaat dibandingkan mengecat jalan yang tidak tahan lama. Jadi yang kami cat hanya pagar dan gapura,” jelas Ketua RT 10 Rumhaedi.

Ia memaparkan, penataan lingkungannya dimulai dengan kerja bakti membersihkan lingkungan dan dilanjutkan dengan pembuatan dan pemasangan pagar.

Soal rencana pembuatan taman, Rumhaedi mengatakan, akan memanfaatkan lahan kosong di tengah kampungnya. “Rencana terdekat adalah membuat taman. Taman hijau saja yang isinya bunga, sayuran, dan apotek hidup. Lokasi sudah ada. Tanamannya, ibu PKK yang mengurus. Sekarang masih pembenihan,” terangnya.

Warga RW 03 Saedi mengaku senang dengan penataan di kampungnya. “Dulu sih lingkungan kami kalau dibilang kotor ya enggak juga. Tetapi kalau sekarang, jadi lebih enak dilihat saja. Saya berharap, warga mau terus bergotong royong melanjutkan penataan,” ujarnya.

“Saya lihat waktu lombanya cukup panjang, sampai Desember, jadi warga masih bisa terus meningkatkan penataannya. Selain taman, saya harap ada inovasi lainnya, supaya kampung kami jadi lebih baik lagi,” tambah Saedi. (rio/don)