Warga RW 01 Baru Mulai Gotong Royong

0
418

TIRTAYASA – Warga RW 01, Kampung Penyelagan, Desa Kemanisan, Kecamatan Tirtayasa, baru mulai menata kampungnya. Namun, tidak menyasar semua wilayah RW ini. Warga membersihkan selokan dan rumput yang menghalangi saluran air, cuma di lingkungan satu RT. Padahal, RW ini punya tiga RT.

Secara keseluruhan, pada Sabtu (21/11) lingkungan RW yang terdiri dari tiga RT ini, yakni RT 001, RT 002 dan RT 003, sama sekali belum ditata. Lingkungannya pun kotor. Sampah plastik masih ditemukan berserakan di pinggir jalan.

Di Lomba Kampung Bersih dan Aman (LKBA) Kabupaten Serang 2020, tidak semua lingkungan RT di RW 01 disiapkan. Menurut Ketua RW 01 Asmarudin, pihaknya hanya akan menampilkan lingkungan RT 001. Pasalnya, pengurus dan warga RW ini mengandalkan dana bantuan dari Pemerintah Desa Kemanisan.

“Ini juga baru ada anggarannya sekarang, makanya telat,” kata Asmarudin kepada Radar Banten.

Gotong royong warga membersihkan lingkungan RT 001 tidak hanya sebagai persiapan menghadapi penilaian tahap dua LKBA. Tetapi juga lantaran sudah memasuki musim hujan. “Takut banjir, makanya selokan kita bersihkan,” ungkap Asmarudin.

Konsep penataan lingkungan RT 001, jelasnya, merupakan perpaduan antara sosial dan keagamaan. Warga akan membuat taman bunga dengan hiasan asmaul husna serta kalimat terkait imbauan hidup ramah lingkungan dan bersikap baik berwarganegara. “Nanti itu digarap oleh pemuda kampung,“ ujarnya.

Sekretaris Desa Kemanisan Azizi membenarkan jika minimnya anggaran menjadi sebab penataan lingkungan di RW 01 hanya menyasar satu RT. “Kita maksimalkan di RT 001 aja,” pungkasnya. (mg06/don)