Warga RW 04 Pasir Lor Meningkatkan Hasil Penataan Kampung

0
199 views

BAROS – Ya, warga RW 04, Kampung Pasir Lor, harus melakukannya. Hasil penataan lingkungan kampung ini di Lomba Kampung Bersih dan Aman (LKBA) Kabupaten Serang 2020, harus lebih baik dibandingkan saat mengikuti lomba yang sama tahun lalu.   

Persiapan warga salah satu RW di Desa Sukamanah, Kecamatan Baros, ini telah mulai dilakukan. Warga tidak hanya melanjutkan penataan lingkungan kampungnya yang sudah dilakukan tahun lalu.

“Sekarang, yang masih belum selesai adalah gapura dan pembuatan taman bermain untuk anak-anak. Di saluran irigasi juga rencananya akan ditebar ikan,” jelas Ketua RT 02 RW 04 Akhmad Yakub.

Ia mengatakan, hasil penataan kampungnya saat mengikuti LKBA 2019 masih dirawat warganya. Sebagai penambahan, warga sudah membuat pot dari ban mobil bekas dan menambah tanaman bunga di halaman rumah warga.

Ketua Pemuda Pasir Lor Sunardi menambahkan, warga RW 04 juga harus meremajakan pagar bambu di pinggir jalan. Sebab, ada yang rusak dan lapuk.

“Namanya juga sudah dimakan waktu, (pagar bambu-red) sudah perlu diganti. Warga juga sudah dengan kesadaran sendiri mengganti pagar bambu yang sudah rusak di halaman rumahnya. Para pemuda juga nanti pasti ikut turun menata kampung, karena untuk pengecatan, rata-rata yang melakukan pemuda. Pelukisnya banyak di kampung kami,” ujar Sunardi.

Sementara, Kepala Desa Sukamanah Mukit menyampaikan bahwa di desanya ada lima RW yang ikut LKBA. Namun, baru RW 04 di Kampung Pasir Lor yang sudah terlihat hasil penataannya.

“Di Kampung Pasir Lor, masyarakatnya kompak. Gotong royong dan swadaya masyarakatnya bagus. Tetapi, nanti semua RW juga akan ada penataan,” ucap Mukit. (rio/don)