Warga Sindangresmi Perbaiki Jalan Secara Swadaya

Sejumlah warga dari Desa Sindangresmi, Campaka, dan Desa Pasirlancar, melakukan gotong royong perbaikan Jalan Blok Cibaregbeg yang kondisinya rusak parah, Rabu (5/12).

SINDANGRESMI – Warga Desa Camapaka, Sindangresmi, dan Desa Pasirlancar, Kecamatan Sindangresmi melakukan perbaikan ruas Jalan Blok Cibaregber sepanjang satu kilometer, secara swadaya, Rabu (5/12).

Gotong royong ratusan warga itu sengaja dilakukan, agar ruas jalan tersebut bisa dilintasi kendaraan, baik roda dua maupun roda empat.

Kerja bakti pembangunan jalan poros desa itu dimotori para pemuda yang tergabung dalam Forum Komunikasi Pemuda Peduli Lingkungan (FKPPL).

Tokoh pemuda Desa Pasirlancar Udin A Zaenudin mengaku, kegiatan itu bermula dari banyaknya warga yang mengeluhkan kondisi jalan, akibat kerap mengalami kecelakaan khususnya pengendara roda dua yang terperosok akibat banyaknya lubang dan jalan yang berlumpur. “Sedangkan jalan itu merupakan akses utama warga di tiga desa, yakini Desa Pasirlancar, Campaka, dan Desa Sindangresmi,” katanya.

Zaenudin menceritakan, gotong royong perbaikan Jalan Blok Cibaregbeg ini dilakukan sejak Senin (3/12) lalu, hingga selesai dilakukan pengerasan. “Target sementara mungkin sampai selesai pengerasan. Untuk perbaikan jalan itu kita membutuhkan batu sekitar 20 dump truk dan mudah-mudahan saja tercukupi. Dari hasil iuran warga Rp10 ribu sampai Rp20 ribu,” ujarnya.

Zaenudin menceritakan, Jalan Cibaregbeg tersebut tidak pernah dilakukan perbaikan oleh Pemkab sudah puluhan tahun. “Menunggu dari pemerintah enggak tahu kapan dibangun. Maka dari itu kita inisiatif bersama warga di tiga desa,” katanya.

Dihubungi melalui telepon seluler, Camat Sindangresmi, Edih Rohaedy mengapresiasi aktivitas masyarakat tiga desa tersebut yang kompak dalam melakukan gotong royong. Ia memastikan, untuk perbaikan Jalan Cibaregbeg sudah diusulkan ke Pemkab. “Sebetulnya jalan itu sudah kita usulkan dalam musrenbang (musyawarah rencana pembangunan). Cuma belum ada realisasi saja. Pada saat kunjungan kerja Ibu Bupati (Irna Narulita -red) juga sudah kita sampaikan. Makanya, mudah-mudahan tahun depan bisa terealisasi,” katanya. (Herman/RBG)