Warga Spontan Sambut Juri

SERANG – Tim 6 Juri Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020 dibuat kaget oleh warga RT 02 RW 09, Lingkungan Asemgede, Kelurahan Cimuncang, Kecamatan Serang. Saat mengetahui kampungnya dinilai, warga langsung berkumpul. Spontan mereka meneriakkan yel-yel. Bukan hanya untuk menyambut tim juri. Tetapi juga untuk membakar semangat warga.

Kepercayaan diri warga RT 02 cukup berbanding lurus dengan kondisi lingkungan tempat tinggalnya. Bersih, cukup indah, dan asri. Warga, setiap bulan iuran kebersihan. Kebersihan RT ini terjaga karena ada bank sampah tingkat RW.

Sejak Maret 2020, warga dan pemuda RT 02 telah menata lingkungannya. Tembok rumah dan pagar di setiap gang, telah dicat dan dihiasi grafiti. Taman bunga dan apotek hidup pun tengah dibangun warga RT 02. “Warga di sini cukup bagus dalam bergotong royong melakukan penataan dan juga sangat antusias menyambut kedatangan tim juri,” ujar Emi Sumiati, anggota tim 6, Selasa (5/5). ”Jadi, di setiap rumah sudah ada pemilahan sampah yang disetorkan ke bank sampah sebulan sekali,” tambahnya.

Dari sisi keamanan, menurut Iptu Sriyanto, masih perlu ditingkatkan, terutama sarana dan prasarananya. Peralatan keamaanan di Pos ronda RT 02 belum lengkap. “Pos kamling sudah ada. Cukup bagus, tapi masih banyak kekurangan, khususnya kelengkapan peralatan. Pos kamlingnya belum ada senter, papan nama poskamlingnya belum ada, apar (alat pemadam api ringan-red) , dan nomor telepon penting belum ada. Perlu dilengkapi,” saran Sriyanto.

Ketua RT 02 Luki Kaswarin mengatakan, akan memenuhi saran juri. Bahkan, untuk menyambut penilaian tahap kedua nanti, pihaknya akan menambah penghijauan. Merampungkan taman bunga. “Masukan tim juri nanti akan kami tindaklanjuti. Kami akan melakukan penghijauan, menanam bunga, dan sayuran. Mudah-mudahan, sebelum penilaian tahap kedua sudah selesai,” harap Luki. (rio/don)