Warga Sukamenak Sadar akan Kebersihan

0
185 views

CIKEUSAL – Sekretaris Desa Sukamenak, Kecamatan Cikeusal, Ayi Muknais menyatakan, pemerintahannya memilih RW 04, Kampung Sukamenak, mengikuti Lomba Kampung Bersih dan Aman Kabupaten Serang 2019 karena kesadaran warganya. Lingkungan perkampungan yang berbatasan dengan Kecamatan Petir ini cukup bersih.

“Dipilihnya Sukamenak, karena kampungnya cukup bersih dari kampung-kampung lain di Desa Sukamenak,” tegas Ayi saat ditemui jurnalis Banten Raya TV (grup Radar Banten), Kamis (10/9).

Mayoritas warga Sukamenak, menurut Ayi, bekerja di luar kota. Namun, hal itu tidak mengurangi kekompakan warga menjaga kebersihan lingkungan mereka. Warga Sukamenak menyadari pentingnya kebersihan lingkungan. “Kalau soal kebersihan, warga Sukamenak sudah paham mengenai pentingnya kebersihan, walaupun sebagian besar berprofesi sebagai buruh atau wiraswasta di luar daerah. Di hari-hari biasa, kampung ini sangat sepi,” katanya.

Terpisah, Ketua RT 07 RW 04, Kampung Sukamenak, Suharju menyatakan bahwa warganya telah berupaya meningkatkan kebersihan perkampungan mereka. Itu dilakukan warga untuk menghadapi lomba yang digagas Radar Banten, Pemkab Serang, dan Polda Banten tersebut.  

Kampungnya, diakui Suharju, kampungnya belum bersih 100 persen. Namun, saat ini, hampir di setiap rumah warga telah dilengkapi dengan tempat sampah. “Setiap sore, warga membersihkan halaman rumahnya. Sampah-sampah dibakar di halaman rumah warga masing masing,” jelasnya.

Untuk sarana keamanan, lanjut dia, Kampung Sukamenak memiliki dua pos ronda. Di tengah perkampungan dan di ujung kampung.

“Meskipun warga jarang di kampung, yang sedang berada di kampung, sukarela ambil bagian ronda malam,” ujarnya. “Intinya, persatuan warga sudah cukup kuat. Sehingga, kampung selalu dalam kondisi rukun,” pungkas Suharju. (rio/ang/don/ags)