Warga Sumurpecung Rela Sumbang Dana

SERANG – Warga Lingkungan Sumurpecung, RT 01 RW 01, Kelurahan Sumurpecung, Kecamatan Serang, rupanya cukup sadar untuk tidak mengandalkan bantuan pemerintah daerah. Dalam menata lingkungannya, mereka sukarela menyumbangkan sebagian uangnya. Mereka antusias mengikuti Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020.

Bahtiar, Ketua RT 01 RW 01, mengakui hal itu. Katanya, semua warganya mendukung LRLA. Warga swadaya memenuhi kebutuhan materi yang diperlukan untuk mengikuti lomba yang digulirkan Pemkot Serang dan didukung Radar Banten, Polda Banten, dan Korem 064 Maulana Yusuf Serang itu.

“Selain dana stimulan dari kelurahan, warga juga swadaya sendiri. Ada yang nyumbang cat, pot, tanaman, dan materi lainnya yang diperlukan. Warga juga bergotong royong menata lingkungannya dengan pengecatan dan lainnya,” ungkap Bahtiar.

Penataan RT 01 RW 01, Lingkungan Sumurpecung, sudah dimulai sejak dua pekan lalu. Di antaranya, dengan pengecatan dan membersihkan lingkungan. “Pos ronda juga dibangun untuk menjaga keamanan lingkungan Sumurpecung. Ronda juga sudah mulai berjalan sekitar seminggu,” tambah Bahtiar.

Pengecatan untuk menghias dan mewarnai tidak hanya dilakukan pada tembok dan pagar rumah warga. Jalan lingkungan berkonstruksi paving block tak luput dari pengecatan.

Sementara, Ketua RW 01 M Jufri mengklaim, wilayahnya semakin aman karena kegiatan ronda malam sudah berjalan. “Walau selama ini sudah aman, dengan ronda malam, diharapkan menjadikan wilayah Sumurpecung lebih aman lagi,” ujarnya.

“Kegiatan ini diharapkan bisa berkelanjutan, karena efeknya sudah terasa. Kini, warga jadi semakin guyub dan peduli dengan lainnya,” tutup Jufri. (rio/don)