SERANG – Warga Komplek Taman Lopang Indah (TLI), Kelurahan Lopang, Kecamatan Serang, Kota Serang menerima pemberian dua pohon langka dari salah seorang tokoh masyarakat Komplek TLI. Dua pohon jenis langka ini bernama Baobab yang disebut bernilai ratusan juta rupiah. Karena harganya yang terbilang cukup fantastis, pohon asal Benua Afrika sangat jarang ditemukan di Indonesia.

“Atas saran dari warga, dua pohon Baobab ini sudah kami tanam di lahan fasilitas umum (fasum) Komplek Taman Lopang Indah,” ungkap Ketua RW 007 Komplek TLI, H Muhammad Gultan, Jumat (16/3).

Pria yang akrab disapa H Gultan ini menerangkan dua pohon yang famaliar disebut Asem Buto ini merupakan pemberian seorang tokoh masyarakat Komplek TLI. Dari informasi yang didapat dari internet, kata H Gultan, pohon Baobab mampu bertahan hingga 500 tahun.

Lebihlanjut dikatakan H Gultan, karena berukuran besar, pengiriman dua pohon asal Afrika ini menggunakan kendaraan truk. Cara menurunkan dari kendaraan ataupun penanaman pohon langka ini cukup hati-hati dan memerlukan banyak tenaga.

“Karena masuk kategori pohon langka dan bernilai ratusan juta rupiah, cara penanamannya cukup hati-hati dan banyak melibatkan warga. Mudah-mudahan pohon Baobab nan unik ini bisa tumbuh subur dan dapat dinikmati warga. Kalau bisa dikembangbiakan, ya akan kita lakukan,” ungkap Kolonel CPM yang kini bertugas di Mabes AD.

Diperoleh keterangan, baobab jamak ditemukan di hampir di seluruh negara di Benua Afrika seperti Angola, Namibia, Sudan, juga Afrika Selatan. Selain itu, pohon ini juga ditemukan di wilayah lain seperti Madagaskar serta Australia.

Bentuk pohon baobab memang terbilang unik. Jika seluruh daunnya sudah tumbuh, bentuknya menyerupai brokoli. Jika tumbuh dengan baik, batang pohon akan besar dan dapat menjulang setinggi 25 meter. 

Buah pohon baobab yang memiliki panjang sekitar 15 hingga 20 cm biasanya dibuat menjadi minuman oleh penduduk lokal Afrika. Namun uniknya, baobab hanya bisa berbuah setelah usianya mencapai setidaknya 50 tahun.

Lingkar batang pohon baobab juga menjadi keunikannya. Diameter pohon ini bisa mencapai lebih dari 15 meter. Keunikan lain, batang besar pohon baobab juga mampu menyerap air dalam jumlah yang sangat besar. Oleh karena itu, pohon ini dapat tumbuh di iklim yang tandus sekalipun. (Bayu Mulyana/coffeandchococake@gmail.com)