Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono mendengarkan penuturan Arief R Wismansyah (tiga dari kiri) seputar sejarah Kampung Bekelir, Senin (23/4).

TANGERANG – Kawasan Telagabestari, Sindangjaya menjadi destinasi pertama road show Partai Demokrat di Kabupaten Tangerang, Senin (23/4). Sekira pukul 09.00 WIB, kedatangan rombongan yang dipimpin Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) disambut Ketua DPD Partai Demokrat Banten Iti Jayabaya, Ketua DPC Demokrat Kabupaten Tangerang Dedi Sutardi dan Sekretarisnya Aditya dan Calon Bupati Tangerang A Zaki Iskandar.

Ini merupakan lawatan kedua SBY setelah road show pada Kamis (19/4) lalu di Kota Serang, disambut meriah oleh ribuan kader berlambang bintang mercy ini. Kedatangan mantan Presiden RI ke-6 ini menyedot perhatian warga. Maklum Mantan Menkopolhukam era Megawati Soekarno Putri ini masih menjadi sosok yang dikagumi.

SBY didampingi istri tercinta Ny. Ani Yudhoyono, juga memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk menyampaikan aspirasi dan masukan, terkait program pembangunan.

Pada sesi tanya jawab ini, beberapa warga menyampaikan keluhan tentang banyaknya tenaga kerja asing (TKA) yang bekerja di Indonesia terutama di Tangerang. Padahal kata warga masih banyak warga di Kabupaten Tangerang yang belum bekerja.

”Dalam aturannya, TKA yang ada di kawasan Asean dimungkinkan untuk imbal balik
dan bekerja di negara yang ditujunya, tapi jumlahnya tidak begitu besar, kalau jumlah besar tentu tidak boleh. Itu kebijakan yang salah dan tidak bijaksana, soalnya warga kita masih banyak yang nganggur,” ungkap SBY saat berdialog dengan ribuan warga.

Ketua DPC Demokrat Kabupaten Tangerang Dedi Sutardi mengatakan, kehadiran SBY
di Kabupaten Tangerang merupakan agenda road show politik di Provinsi Banten, setelah melantik pengurus DPC dan DPC Se Provinsi Banten pada Minggu (22/4) lalu, kini giliran SBY melakukan safari politiknya ke Kabupaten Tangerang

”Kami sebagai kader Demokrat di Kabupaten Tangerang, akan berupaya semaksimal mungkin untuk meraih kursi DPRD, Alhamdulillah Pak SBY sebagai ketua umum kami bisa memberikan support serta motivasi, agar elektabilats Demokrat pada
pemilu yang akan datang bisa meningkat,” terangnya.

Sore harinya, SBY dan rombongan melanjutkan safari politiknya dengan menyambangi Kampung Bekelir, Kelurahan Babakan, Kecamatan Tangerang. SBY dan istrinya Ny. Ani Yudhoyono beserta rombongan disambut calon Walikota Tangerang Arief R Wismansyah.

Arief langsung menyalami SBY dan memeluknya. SBY melanjutkan bersalaman dengan istri Arief, Iti Jayabaya dan tokoh masyarakat lainnya. Setelah bersalaman, SBY, Ani, Arief, Iti dan jajaran pengurus DPP Partai Demokrat berfoto bersama di lambang Kampung Bekelir. Setelah foto bersama SBY dan Ani Yudhoyono menyapa warga sekitar.

”Saya doakan ibu dan bapak agar selalu sehat dan terus semangat ya,” ujar SBY.

SBY dan rombongan masuk ke area gang-gang Kampung Bekelir. Ia bersalaman dengan warga yang berdiri berjejer di gang. Ia juga bercakap dan bersalaman dengan warga yang dilaluinya.

Dalam kesempatan itu SBY juga menyaksikan Tari Lenggang Cisadane yang dilakukan beberapa anak perempuan yang tinggal di Kampung Bekelir. Juga mengajak dialog penjual cobek dan sejumlah warga yang menanti bersalaman dengannya. Sejumlah anak kecil juga antusias bersalaman dengan petinggi Partai Demokrat itu, SBY juga mendapat hadiah karikatur bergambar dirinya dari salah satu warga Kampung Bekelir.

Lurah Babakan Abu Sofyan mengatakan, pihaknya berterima kasih lantaran Kampung Bekelir sudah dikunjungi orang yang sempat menjabat sebagai presiden selama dua periode tersebut. ”Terima kasih Pak SBY sudah menyempatkan mampir ke kampung kami,” ujarnya.

Di depan SBY, Arief mengatakan, Kampung Bekelir merupakan inovasi warga yang menjadikan tempat wisata tematik di Kota Tangerang. ”Dahulu Kampung Bekelir ini kumuh, namun warga mengubahnya jadi tempat wisata tematik,” ungkapnya.

Kabid Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Tangerang Rizal Ridulloh berharap, kunjungan SBY ke Kampung Bekelir bisa meningkatkan kunjungan wisata ke Kota Tangerang terutama ke Kampung Bekelir.

”Dengan kedatangan Pak SBY semoga popularitas Kampung Bekelir semakin meningkat, dan orang yang berkunjung juga semakin banyak,” pungkasnya. Sekira setengah jam, SBY dan istrinya langsung meninggalkan Kampung Bekelir. (mg-08-mg-07/asp/sub/RBG)