Warga Utamakan Ketahanan Pangan

0
277 views

KRAGILAN – Penataan lingkungan RW 02, Kampung/Desa Kramatjati, Kecamatan Kragilan, disinergikan dengan program ketahanan pangan. Beberapa lokasi lahan kosong dijadikan kebun. Berbagai tanaman pengganti nasi ditanam oleh warga.

“Kami fokusnya di ketahanan pangan. Di lahan kosong yang kami manfaatkan itu, kami tanam ubi cilembu, singkong, dan lainnya. Kalau di rumah-rumah warga, kami fokuskan dengan sayuran dan bunga. Ada juga budidaya jamur,” jelas Ketua RT 02 RW 02 Misna.

Ia menjelaskan, konsep penataan lingkungan RW 02 in telah dilakukan warga sudah sejak Agustus lalu. Warga membersihkan lahan kosong agar bisa dimanfaatkan untuk kebun.

Penghijauan di rumah-rumah warga juga sudah dilakukan sejak lama. Sehingga, kampung ini terlihat asri dan hijau.

“Untuk di depan rumah warga sih memang hanya bunga dan sayuran. Warga lebih suka tomat dan cabai,” tambah Misna.

Ahmad Suba Hasan, Kasi Pelayanan Desa Kramatjati, menjelaskan bahwa pihak desa telah berupaya menyukseskan Lomba Kampung Bersih dan Aman (LKBA) Kabupaten Serang 2020 dengan menggelar lomba kebesihan tingkat RT. Dari 10 RT di Desa Kramatjati, ada tiga RT yang dinilai menonjol.

“Tiga RT itu, salah satunya RT 04, kami dorong untuk ikut LKBA tingkat Kabupaten Serang tahun ini. Masing-masing dari kampung itu punya kelebihan sendiri. RT 04 yang ditonjolkan adalah ketahanan pangannya,” ungkap Ahmad Suba Hasan. (rio/don)