Warna-warni Bunga di Cibonteng

0
682 views

WALANTAKA – Lingkungan Cibonteng, RT 02 RW 01, Kelurahan Lebakwangi, Kecamatan Walantaka, mulai diwarnai bunga-bunga. Lingkungan paling berbunga menjadi target warga RT ini untuk memenangkan Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020.

Persiapan warga memang baru dimulai. Namun, menurut Ketua RT 02 Abdul Karim, persiapan warganya telah matang untuk menghadirkan lingkungan yang layak masuk nominasi juara di LRLA. “Kita bakal buat lingkungan berbunga,” tegasnya kepada Radar Banten, Kamis (23/4).

Di beberapa sudut RT ini, tanaman bunga telah ditanam. Beberapa jenis bunga lain juga telah disiapkan untuk disebar dan ditanam di rumah-rumah warga. Di antaranya, bunga matahari, bunga kertas, angrek, lili, mawar. Ada pula pohon pucuk merah. “Kita juga akan memajang (bunga-red) di depan pagar bambu,” katanya.

Pagar bambu pun tengah disiapkan oleh warga RT 02. Rencananya, pagar bambu ini dipasang di pinggir jalan sepanjang sekira 400 meter. Agar lingkungan lebih semarak, pagar bambu akan dicat warna-warni. “Kita targetkan selesai dua pekan lagi,” ujar Abdul Karim.

Ia menilai, LRLA Kota Serang 2020 telah meningkatkan kepedulian warganya terhadap lingkungan. Kegiatan Jumat bersih di RT 02 aktif kembali, Padahal, gotong royong di kampung ini hampir hilang.

“Kami optimistis bisa bersaing dengan RT lainnya di Kota Serang,” tukas Abdul Karim.

Sumiyati, Kader Posyandu Cibonteng, menjelaskan bahwa konsep lingkungan berbunga sudah lama ingin dilakukan oleh ibu-ibu warga RT 02. Namun, belum terealisasi. LRLA lah yang mendorong warga untuk mewujudkannya.

“Saya dan ibu-ibu sudah menyemai tanaman bunganya. Tinggal dipindahkan ke pinggir jalan dan rumah warga,” terangnya.

Lurah Lebakwangi Aminudin berpesan agar warga melakukan penataan lingkungan secara bertahap. Tidak perlu terburu-buru dan harus memperhatikan kesehatan. Mengingat, wabah corona masih mengancam.

“Konsep berbunga sangat tepat. Soalnya, Lingkungan Cibonteng sudah asri dan indah,” pungkasnya. (mg06/don)