Warna-warni Pot dan Tong Sampah di RT 04 Bhayangkara

0
517 views

SERANG – Pot-pot tanaman dan tong sampah dicat dengan bermacam warna. Kegiatan warga menata RT 04 RW 08, Lingkungan Bhayangkara, Kelurahan Sumurpecung, Kecamatan Serang, ini memasuki tahap akhir.

Ketua RT 04 Amin Solihin mengakui, konsep penataan di lingkungannya memang sebagian besar dengan pengecatan. Selain di jalan paving block, warga juga mengecat pot tanaman dan tong sampah.

“Ini merupakan ide pemuda. Katanya, biar menarik, tong dan potnya dicat,” kata Amin kepada Radar Banten, Selasa (14/7).

Sepuluh tong sampah dan 50 pot tanaman didapat dari hasil iuran warga. Satu pekan sekali, tepatnya setiap Jumat pagi, warga gotong royong sambil menyerahkan uang iuran seikhlasnya. “Alhamdulillah, setiap pekan uang iuran jalan terus,” ujar Amin.

Semangat dan kekompakan warga RT 04, diakui Amin, sangat luar biasa. Sejak Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020 di-launching pada Februari 2020, kegiatan Jumat bersih dan swadaya warga RT ini berjalan lagi. “Padahal, sebelumnya sempat berhenti,” aku Amin.

Sejak mengikuti LRLA pula, lingkungan RT 04 menjadi lebih bersih. Bebas sampah plastik. Soalnya, selain menyediakan tong sampah, Amin dan pengurus RW 08 juga mengedukasi ibu-ibu dan anak-anak balita agar tidak membuang sampah sembarangan.

“Kita sudah rapat, mengundang ibu-ibu untuk dikasih pengertian agar jangan buang sampah sembarangan,” tegas Amin.

Ia menjelaskan, pot tanaman ytang telah dicat wawrna-warni untuk menanam tanaman hias. Warga berencana memajangnya di pinggir jalan. Saat ini, pot masih disimpan di pekarang rumah warga untuk menjaga tanaman agar tidak dimakan kambing.

“Kalau untuk tong sampah mah kalau sudah kering (catnya-red), langsung dipajang,” ujar Amin.

Indra Saputra, pemuda RT 04, mengaku senang karena saran pemuda diapresiasi oleh ketua RT dan warga lainnya. Menurutnya, LRLA membuat kekompakan antara anak muda dan bapak-bapak menjadi semakin solid.

“Sebelumnya mah (pemuda dan bapak-bapak-red) kan enggak akrab. Sekarang mah kompak,” ungkapnya.

Indra optimistis, RT-nya bisa menjadi juara LRLA. Soalnya, semua saran dari tim juri sudah dipenuhi, termasuk pmembentuk kelompok pemuda penggerak lingkungan dan kelompok sadar hukum. “Yakin pasti juara,” pungkasnya. (mg06/don)