Warna-warni RW 01 Pasir

0
331

KIBIN – Jalan dan pagar rumah didekorasi. Lingkungan RW 01, Kampung Pasir, Desa Ketos, Kecamatan Kibin, pun mulai berwarna.

Saat Radar Banten mengunjungi kampung ini, Minggu (1/11) siang, warga sedang kerja bakti. Ada yang mengecat bambu untuk pagar, ada pula yang mengecat pagar dan jalan. Suasana kampung ini semarak.

Perubahan kampung ini terlihat dari jalanannya. Warga telah menghias beberapa ruas jalan dengan lukisan cat. Pagar dari bambu di pinggir jalan juga dilapisi cat warna-warna mencolok. Sapuan kuas cat juga dilakukan warga pada pagar-pagar rumah di pinggir jalan.   

Kepala Desa Ketos Rokhyati mengatakan, warga RW 01 sudah mulai gotong royong sejak dua pekan lalu. Konsep penataannya didominasi dengan pengecatan agar kampung ini menjadi menarik.

”Sekarang kampung ini sudah mulai terlihat berwarna,” tegas Rokhyati menilai.

Ia mengakui jika proses perubahan lingkungan RW 01 tidak dilalui dengan mudah. Awalnya, warga ragu dengan keikutsertaan kampungnya pada Lomba Kampung Bersih dan Aman (LKBA) Kabupaten Serang 2020. Pasalnya, tak ada bantuan biaya dari Pemerintah Desa Ketos.

”Warga pada bingung, diminta gotong royong tapi enggak ada dananya,” ungkap Rokhyati.

Melihat itu, Rokhyati berkoordinasi dengan Bhabinkamtibmas Brigpol Imam Mahdum dan Babinsa Kopda Sigit Nur Cahyo. Ia meminta dua anggota Polri dan TNI AD itu untuk menggerakkan warga RW 01 agar mau menata kampungnya.

”Saya minta bantuan Pak Babinsa dan Pak Bhabinkamtibmas. Alhamdulillah, berhasil,” ungkapnya.

Brigpol Imam Mahdum bersama Kopda Sigit Nur Cahyo pun melakukan pendekatan. Warga diajak musyawarah. ”Jadi, semua keluhan dan masukan kita tampung,” ungkap Imam Mahdum.

Ia juga mengajak warga untuk gotong royong menata kampung, serta mengajak swadaya. Tiap kepala keluarga diminta iuran seikhlasnya.

”Karena warga pengen pengecatan, kita turutin, dan mereka semangat,” pungkas Imam Mahdum. (mg06/don)