Waroeng Duafa Sediakan Makan Gratis, Cara Pemuda Muhammadiyah Berbagi

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk berbagi dengan sesama, salah satunya seperti yang dilakukan oleh Dewan Pimpinan Cabang Pemuda Muhammadiyah Tangerang melalui Waroeng Duafa.

HAIRUL ALWAN – TANGERANG

SETIAP pekan tepatnya hari Jumat, tiga sampai lima pengurus DPC Muhammadiyah Tangerang datang ke Masjid Raya Al-Adzhom sekira pukul 10.00 WIB. Mereka berkeliling untuk membagikan kupon makan pada para duafa yang ada di sekitar masjid.

Hal tersebut sudah mereka lakukan sekira sebulan terakhir, mereka merutinkan memberi makan para duafa secara gratis setiap Jumat. Selain duafa, para jamaah salat Jumat juga diperbolehkan untuk ikut makan di Waroeng Duafa.

Pantauan Radar Banten, di Waroeng Duafa yang hanya beratap tenda bongkar pasang itu disediakan berbagai makanan seperti tempe, tahu, pecel, ayam, telur dan kerupuk. Para duafa dan sejumlah jamaah Jumat masjid bergantian mengambil makan.

Awalnya kegiatan Waroeng Duafa ini merupakan program pengurus Pusat Pemuda Muhammadiyah, namun saat ini program itu sudah mulai ditularkan ke tingkat Kota Kabupaten. ”Pertama kegiatan kita dimulai pas Ramadan tapi kegiatannya di alun-alun. Setelah Ramadan kita buka di Al Azhom tujuannya saya ingin sampaikan pesan dakwah, jadi selama ini dakwah itu tidak hanya disampaikan di masjid tapi bagaimana caranya dakwah untuk kegiatan sosial sekalipun hanya memberikan makan siang di hari Jumat,” kata Sekretaris Milana Abdillah saat berjaga di Waroeng Duafa, Jumat (20/7) lalu.

Meski dinamai Waroeng Duafa, sejumlah jamaah salat Jumat yang ada di Al Azhom juga boleh makan di warung tersebut. ”Kalau yang bukan duafa mereka memberikan infak seikhlasnya, uang itu akan digunakan untuk kegiatan di Jumat depan,” ungkapnya.

Ia mengungkapkan, Waroeng Duafa juga dibantu berbagai donatur internal Muhammadiyah, beberapa instansi seperti Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) dan perorangan. ”Kalau memang ini direspons baik kita akan buka cabang dan lebih banyak lagi yang akan peduli untuk bisa buka kegiatan ini,” ujarnya. (*)