Waspada, Lima Penyebab Pusing Saat Bangun Tidur

0
93

PUSING saat bangun tidur tak hanya dikaitkan dengan demensia saja. Berdasarkan penjelasan dr. Theresia Rina Yunita dari KlikDokter, keluhan tersebut juga bisa disebabkan oleh kondisi lain sebagai berikut:

1. Darah rendah.

Dalam posisi tidur, duduk, dan berdiri, tekanan darah berada pada level yang berbeda-beda. Oleh karena itu, bangun secara tiba-tiba dari tidur yang lama dapat menyebabkan tekanan darah menurun drastis secara cepat.

“Inilah yang menimbulkan kepala Anda pusing dan pandangan menjadi gelap. Kondisi ini disebut sebagai hipotensi ortostatik,” ujar dr. There.

2. Kurang zat besi dan anemia

Rendahnya kadar zat besi dan hemoglobin di dalam tubuh Anda menyebabkan sel-sel kekurangan oksigen selama tidur. Keadaan ini membuat Anda mengalami pusing ketika bangun tidur.

3. Dehidrasi

Dehidrasi yang terjadi akibat kurangnya asupan cairan atau terlalu lama berada di lingkungan panas dapat menyebabkan gejala pusing hingga pingsan, terlebih bila terjadi saat saat bangun tidur.

4. Hipoglikemi

Hipoglikemi adalah keadaan ketika level gula darah berada di bawah batas normal. Orang dengan kondisi ini dapat mengeluhkan pusing saat bangun tidur disertai keringat dingin dan perasaan gelisah.

5. Vertigo

Vertigo dicetuskan oleh perubahan posisi kepala yang mendadak, misalnya saat bangun tidur.

Penelitian memang menyebutkan bahwa pusing saat bangun tidur memiliki suatu hubungan dengan demensia. Meski demikian, keadaan tersebut sebenarnya dapat disebabkan oleh kondisi-kondisi lain yang telah dipaparkan di atas.

Karenanya, jika Anda merasa pusing saat bangun tidur, keluhannya terus berlanjut atau terjadi berulang kali, tak ada salahnya untuk berkonsultasi lebih lanjut pada dokter. (NB/RVS/klikdokter)