Waspada, Nih Daerah Rawan Banjir di Kabupaten Serang

0
806 views

SERANG – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten mencatat ada 14 Kecamatan yang jadi rawan bencana banjir ataupun longsor. Terlebih dalam masa cuaca ekstrim saat ini, masyarakat diminta untuk lebih berhati-hati dan waspada.

Kepala BPBD Kabupaten Serang, Nana Sukmana Kusuma di ruang kerjanya mengatakan, sesuai informasi dari Badan Meteorologi Klamatologi dan Geofisika (BMKG) di Serang, cuaca ekstrim diprediksi akan terjadi di Banten hingga 8 Desember mendatang.

“Daerah rawan banjir tersebut di antaranya daerah yang dialiri sungai Ciujung yaitu Tirtayasa, Pontang, Lebak Wangi, Carenang, Binuang, Kragilan, Kibin, Bandung, Pamarayan, Jawilan, Cikande. Kemudian daerah yang berada di sekitar rawa danau yaitu Cinangka, Padarincang, dan Anyer,” ujarnya, Selasa (6/12).

Ia mengingatkan, terutama pada warga yang tinggal di bantaran sungai dan daerah dataran tinggi agar mereka waspada terhadap perubahan cuaca yang terjadi akhir-akhir ini. Untuk itu pihaknya berharap warga agar mendengar dan menuruti himbauan dari petugas BPBD.

“Bencana alam itu kan tak bisa kita negosiasi, jadi antisipasi yang kita lakukan yaitu kita selalu koordinasi dengan camat,lurah dan warga agar tetap siaga dan waspada aja sehingga jika terjadi bencana tidak menimbulkan kerugian besar,” ujarnya.

Sementara itu, terkait kondisi warga yang terdampak banjir di beberapa wilayah kabupaten Serang ahi-ahir ini, Kondisi saat ini dalam keadaan sehat dan baik.

“Saat ini kondisi warga yang ngungsi ataupun yang kami evakuasi sudah pulang ke rumahnya masing-masing. Hal itu karena keinginan mereka sendiri, sebab warga meyakini kejadian banjir tersebut sudah biasa dirasakan. Namun meskipun demikian, kami dari BPBD tetap siaga dan selalu peringatkan warga agar tetap waspada dalam menghadapi cuaca saat ini, karena bencana kan datang tak terduga,” pungkasnya. (Adef)