Waspada! Penyakit Difteri Bisa Menular hingga Orang Dewasa

0
88

SERANG – Penyakit difteri yang saat ini sedang ramai diperbincangkan rupanya merupakan salah satu penyakit menular. Meski sejauh ini banyak menjangkiti anak kecil, rupanya penyakit tersebut bisa menular ke orang dewasa.

Hal tersebut diungkapkan Wakil Direktur Bidang Pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Banten dr Drajat AP di RSUD Banten saat mendampingi perwakilan Dinas Kesehatan Provinsi Banten meninjau rumah sakit milik pemerintah daerah tersebut.

“Bila kontak dengan penderita akan tertular. Karena memang semua umur bisa tertular,” kata Drajat kepada awak media, Senin (11/12).

Menurut Drajat, petugas rumah sakit dan Puskesmas yang melakukan kontak langsung dengan penderita mempunyai risiko tertular. Karena itu, manajemen pun melakukan vaksin kepada para petugas di rumah sakit.

“Itu kita lakukan sebagai langkah antisipasi,” ujarnya.

Sebagai langkah antisipasi, RSUD Banten menurut Drajat menyiapkan dua ruangan rawat inap yang bisa menampung 12 penderita penyakit tersebut. “Alurnya pun khusus, untuk menghindari kontak dengan pasien lain,” paparnya. (Bayu Mulyana/coffeandchococake@gmail.com)