WH-Andika Berpeluang Besar Merealisasikan Janji Kampanye

0
595 views
RAUT BAHAGIA: Wahidin Halim menggendong anak sambil tersenyum menuju TPS 2, Pinang, Kota Tangerang, Rabu (15/2), untuk menyalurkan hak pilihnya. Sementara Andika Hazrumy minum kopi ditemani istrinya, Adde Rossi Khaerunnisa, di kediamannya di Lippo Karawaci, Kabupaten Tangerang, Minggu (26/2) sore. Andika saat ditemui terlihat santai di tengah berlangsungnya pleno rekapitulasi penghitungan suara Pilgub Banten di Kota Cilegon, Minggu (26/2). (FOTO-FOTO: WIDI ARIA /RADAR BANTEN ONLINE DAN PKS.ID)

SERANG – Pasangan Wahidin Halim-Andika Hazrumy berpeluang besar merealisasikan janji politik dan programnya selama kampanye. Selama masa kampanye, WH-Andika menjanjikan kepada masyarakat tentang lima program unggulannya.

Pertama, penatakelolaan pemerintahan yang baik berbasis online, sehingga masyarakat bisa terlibat dan mengawasi langsung pelaksanaan programnya. Kedua, terkait pembangunan infrastruktur. Kepemimpinan WH-Andika akan membangun ratusan ruang kelas baru, untuk SMA SMK pembangunan ruang kelas baru sebanyak 168 unit sekolah, SMP sebanyak 1.563 ruang kelas baru atau 130 unit sekolah. Pembangunan 1.000 perpustakaan dan tempat uji kompetensi (TUK), setara biaya Rp100 miliar.

Ketiga, pemerataan pendidikan berkualitas dan pemerataan akses layanan kesehatan dengan membangun 77 puskesmas baru untuk mencapai rasio satu kecamatan dua puskesmas, penyediaan dokter pada fasilitas pelayanan kesehatan khususnya untuk wilayah terpencil. Keempat, pembangunan infrastruktur jalan dengan membangun 273.000 meter ruas jalan provinsi yang rusak dari total 852.000 meter jalan provinsi. Pembangunan jembatan penyeberangan untuk mempermudah akses penduduk terhadap pelayanan publik dan kegiatan ekonomi. Normalisasi 32 sungai dari seluruh sungai yang ada di Banten, normalisasi 41 Situ untuk pengembalian fungsi Situ serta pembangunan terminal tipe B dan pengembangan sistem transportasi massal skala provinsi.

Program unggulan terakhir yang dijanjikan, yaitu meningkatkan kualitas pertumbuhan dan pemerataan ekonomi masyarakat Banten melalui perbaikan perizinan dan meningkatkan daya saing daerah. Tak hanya itu, WH-Andika juga berjanji akan meningkatkan tata kelola APBD untuk meningkatkan kapasitas fiskal daerah dalam rangka mendukung pembangunan daerah serta fungsi APBD dalam hal distribusi dan alokasi.

“Dengan lima program unggulan itu, visi kami jelas, dengan menciptakan tata kelola pemerintahan yang baik (good governance), membangun dan meningkatkan kualitas infrastruktur, meningkatkan akses dan pemerataan pendidikan berkualitas, meningkatkan akses dan pemerataan pelayanan kesehatan berkualitas serta meningkatkan kualitas pertumbuhan dan pemerataan ekonomi,” kata Wahidin saat berkampanye.

Pada akhir Desember 2016 lalu, Wahidin saat bersilaturahmi dengan para nelayan di Kecamatan Tirtayasa, Kabupaten Serang, juga berjanji akan memperbaiki kualitas infrastruktur nelayan di Banten. “Banyak nelayan menggantungkan hidupnya di laut. Jangan sampai, nanti nelayan menjadi korban akibat tidak adanya aturan-aturan yang jelas,” kata WH.

Intinya, kata Wahidin, ia bersama Andika hanya ingin membela rakyat. “Saya ingin melindungi mereka yang terzalimi, yang terjajah secara ekonomi. Mereka kan saudara-saudara kita, sahabat-sahabat kita, jangan hanya karena kepentingan sesaat, mereka kita korbankan dan enggak manusiawi dong kalau begitu,” ungkapnya. (Deni S/Radar Banten)