WH: Daerah Wisata Tak Boleh Terganggu Kepentingan Industri

Suasana Forum Konsultasi Publik Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi Banten Tahun 2017-2022.

SERANG – Setelah menyinggung jalur wisata menuju lokasi wisata Pantai Anyar,  Kabupaten Serang,  Gubernur Banten terpilih Wahidin Halim menyinggung jalur wisata menuju Pantai Sawarna, Kabupaten Lebak.

Pada acara Forum Konsultasi Publik Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi Banten Tahun 2017-2022 di Hotel Horison, Kabupaten Serang, WH menuturkan,  daerah wisata tidak boleh terganggu oleh kepentingan industri.  PT Cemindo Gemilang yang berada dekat dengan lokasi wisata di wilayah Banten Selatan, misalnya, seharusnya tidak mengganggu aktivitas pariwisata.

“Sawarna,  jalan wisata tapi ada pabrik,  pas ke sana banyak truk semen,  kenapa gak sih semen lewat jalur laut,” ujar WH di depan sejumlah pejabat daerah, baik provinsi maupun kabupaten dan kota, pada acara yang digelar Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Banten, Kamis (4/5).

Aktivitas truk pengangkut bahan baku semen atau produk pabrik Semen Merah Putih tersebut membuat lalu lintas menuju jalur wisata unggulan di Lebak tidak nyaman. “Berdebu, harus ada jalur khusus sehingga tidak mengganggu,” ungkapnya.

Terlepas persoalan pariwisata,  menurut mantan Walikota Tangerang tersebut, jangan sampai masyarskat sekitar industri tergeser dari pembangunan tersebut. Menurutnya  pembangunan harus memberikan dampak baik bagi masyarakat sekitar. (Bayu Mulyana/coffeandchococake@gmail.com)