SERANG – Momentum hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-72 pada masa lalu diartikan sebagai terbebas dari penjajah kolonial Belanda, namun kemerdekaan masa kini haruslah diwujudkan dengan cita-cita peningkatan kesejahteraan masyarakat yang lebih bernilai dan terjamin.

“Pembangunan sudah mengarah pada bagaimana masyarakat lebih baik dengan memberikan manfaat kepada masyarakat. Meningkatkan sumber daya manusia, pembangunan juga diharapkan dalam arti kemerdekaan mampu menunjukan masyarakat yang berkualitas beradab berkompetisi dan berahlakul karimah,” terang Gubernur Provinsi Banten Wahidin Halim, di Gedung DPRD Provinsi Banten, Kota Serang, Rabu (16/8).

Dikatakan Wahidin, cita-cita kemerdekaan itu harus diwujudkan dengan merasakan arti kemerdekaan berupa wujud pembangunan infrastruktur, akses pendidikan dan kesehatan yang lebih mudah bagi semua kalangan masyarakat tanpa terkecuali.

“Tentu mewujudkan kemerdekaan harus meningkatkan ekonomi keluarga dan pertahanan mutu masyarakat dalam menghadapi kondisi dan situasi globalisasi saat ini,” paparnya.

Selain membangun infrastruktur dan berbagai kemudahan akses bagi masyarakat, dalam mengisi kemerdekaan dan proses pembangunan Provinsi Banten, kata dia, masyarakat harus mendapat haknya. Yaitu hak bebas bebas mengeluarkan pendapat, termasuk hak jaminan sosial dan kesejahteraan. (Anton Sutompul/antonsutompul1504@gmail.com).