WH Zikir Bersama di Banten Lama

Gubernur Banten Wahidin Halim (tengah) didampingi Ketua MUI Banten AM Romly (kanan) dan Ketua LPTQ Banten Prof Sibly Syarjaya (tiga dari kanan) memberikan ceramah sebelum menggelar zikir dan doa bersama dengan kepala OPD dan masyarakat, di Plaza Masjid Agung Banten Lama, Kasemen, Kota Serang, Kamis (14/3) malam.

SERANG – Gubernur Banten Wahidin Halim ajak aparaturnya melakukan zikir bersama di Plaza Alun-alun Banten Lama, Kamis (14/3) malam. Kegiatan yang diikuti para pejabat Pemprov Banten itu dimaksudkan menghayati spirit ulama dan para pendiri Banten.

“Saya katakan kepada OPD pentingnya kita bersilaturahmi di antara kita. Berdoa ke sini untuk memakmurkan tempat ini,” kata Wahidin di hadapan aparaturnya.

Mengenakan peci dan sorban putih, Wahidin lebih dahulu melaksanakan salat isya berjamaah di Masjid Agung Banten Lama. Lalu, ia mengumpulkan aparaturnya di Plaza Alun-alun Banten Lama.

Tidak hanya aparatur Pemprov Banten, masyarakat yang berkunjung ke kawasan Kesultanan Banten turut mendengarkan Wahidin menyampaikan ceramahnya. Mereka duduk membaur bersama pejabat Pemprov yang duduk di barisan paling depan.

Kata pria yang akrab disapa WH itu, banyak masyarakat yang datang ke Banten Lama. Baik dari Banten atau luar Banten yang jumlahnya ribuan tiap malamnya. “Kita berziarah sekaligus agar kepala OPD melihat perkembangan masing-masing atas ikhtiar kita membangun Banten yang dimulai dari sini,” ujarnya.

Menurutnya, pembangunan Banten Lama sebagai upaya menggali semangat spiritual Banten. Karakteristik masyarakat Banten yang religius tidak lepas dari peran para sultan Banten. “Kita bangun spiritualitas, semangat keagamaan, dan dari sini kita mulai,” kata mantan walikota Tangerang itu.     

Usai menyampaikan sambutan, doa dan zikir dimulai. Doa dipimpin langsung Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Banten AM Romly. (Supriyono/RBG)