Wisata Air Dikembangkan di Untirta

0
1972
Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah bersama Rektor Untirta Profesor Fatah Sulaiman meninjau kampus baru Untirta di Kecamatan Pabuaran, Selasa (9/2).

SERANG – Pembangunan kampus Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) baru di Kecamatan Pabuaran sudah rampung. Di kampus negeri itu juga, tersedia wisata air dan ruang terbuka hijau (RTH) yang akan dikembangkan untuk masyarakat.

Hal itu terungkap saat Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah berkunjung ke kampus baru Untirta di Kecamatan Pabuaran, Selasa (9/2). Kedatangan Tatu disambut Rektor Untirta Profesor Fatah Sulaiman beserta jajaran akademik Untirta.

Tatu mengatakan, pihaknya ingin terlibat dalam proses pengembangan kampus Untirta. Salah satunya mengembangkan fasilitas embung di lingkungan kampus. “Ternyata ada embung yang bisa dijadikan destintasi wisata air untuk masyarakat Kabupaten Serang,” ungkap bupati pertama Kabupaten Serang ini kepada wartawan.

Tatu mengaku tertarik mengembangkan wisata air di Untirta. Selama ini, kata Tatu, pihaknya terus berupaya menyediakan Ruang Terbuka Hijau (RTH) untuk masyarakat di setiap kecamatan. “Di wilayah utara kita sudah gandeng kementerian untuk revitalisasi Kalimati. Di sini (Untirta Pabuaran-red) ternyata ada (wisata air-red),” katanya.

Lantaran itu, sambung Tatu, pihaknya akan melibatkan diri dalam proses pengembangan embung di Untirta. Pihaknya juga akan mengajak Pemprov Banten turut terlibat mengembangkan wisata air di kampus negeri itu. “Tentu ini salah satu impian saya mempunyai destinasi wisata air,” terangnya.

Tatu menilai, kehadiran kampus baru Unitrta di Kecamatan Pabuaran akan berdampak positif kepada masyarakat. Bukan hanya dari segi ekonomi, masyarakat juga akan terdorong untuk menempuh pendidikan yang lebih tinggi. “Sederhananya, dengan melihat gedungnya semegah ini pasti akan tertarik,” jelasnya.

Sementara itu, Rektor Untirta Profesor Fatah Sulaiman menambahkan, pihaknya sudah berkomitmen dengan Pemkab Serang untuk bersinergi melakukan program-program untuk masyarakat. Salah satunya penyediaan embung sebagai wisata air untuk dinikmati masyarakat. “Kita targetkan 2022 (pembuatan embung-red). Ibu bupati juga sudah berkomitmen untuk bersama-sama (mengembangkan wisata air-red),” katanya.

Menurutnya, dengan adanya wisata air yang dapat dinikmati masyarakat, akan menarik pengunjung wisata untuk berkuliah di kampus Untirta. “Program lainnya juga kita sudah komitmen menjalin kerjasama (dengan Pemkab-red),” pungkasnya. (jek/zai)