Women’s Carnival Radar Banten Berjalan Meriah

Penghargaan untuk Perempuan Banten

SERANG – Women’s Carnival Radar Banten di Stadion Maulana Yusuf, Ciceri, Kota Serang, mampu menyedot antusias peserta, Minggu (29/4). Gelaran di pengujung April itu diikuti oleh ribuan perempuan. Selain sebagai peringatan Hari Kartini, acara juga ditujukan sebagai bentuk penghargaan Radar Banten kepada perempuan di Banten.

Perempuan dari berbagai kalangan profesi, birokrat, politisi, pengusaha, aktivis perempuan, mahasiswi, hingga pelajar berkumpul sedari pagi hari dengan beragam kostum. Mereka membaurkan, mengekspresikan senyum bahagia di garis start Women’s Carnival Radar Banten tepat di pintu utama stadion. Mereka dilepas Direktur Radar Banten Mashudi bersama anggota DPR RI Yandri Susanto, Wakil Ketua DPRD Banten Nuraeni, Walikota Serang Tb Haerul Jaman, dan anggota DPRD Kabupaten Serang Ida Rosida Lutfi.

Lambaian tangan dan senyum mengiring langkah kaki mereka menyusuri rute sepanjang tiga kilometer di pusat Ibukota Banten ini. Dari Stadion ke arah kiri, jalan Penancangan Baru menuju Jalan Serang-Jakarta. Kemudian, mengitari patung atau Taman Debus dan melanjutkan ke Jalan Jenderal Sudirman hingga kembali ke kawasan Stadion Maulana Yusuf. Selama perjalanan itu, mereka diiringi marching band dari SMAN 4 Kota Serang.

Menyusuri perjalanan sekira 45 menit, iringan musik penghibur pada panggung utama menyambut kedatangan peserta. Mereka langsung berkumpul tepat di hadapan panggung utama. Sorak sorai bergemuruh saat perwakilan perempuan dari beragam kalangan itu dipanggil ke atas panggung utama. Satu per satu, perempuan tersebut memberikan motivasi dan pandangan tentang perempuan. Ketua BKOW Banten Adde Rosi Khaerunisa mendapat kesempatan awal menyampaikan pandangan.

“Saya selaku perempuan merasa terhormat karena Radar Banten mengadakan acara yang mengangkat harkat dan martabat untuk perempuan,” katanya memulai.

“Perempuan Banten harus ikut pembangunan. Stop KDRT (kekerasan dalam rumah tangga),” seru istri Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy seraya memekikkan yel-yel, “Perempuan Banten hebat” yang disambut pekikan ribuan peserta.

Ketua Kaukus Perempuan Politik Indonesia (KPPI) Banten Muflihah menyerukan hal yang sama. Perempuan tidak hanya di dapur, sumur, dan kasur. “Tugas ibu-ibu di rumah dari terbit matahari sampai merem mandiri, tapi perempuan jangan dipandang sebelah mata karena kalau sudah berkumpul bisa kalahkan pria,” ujarnya disambut tawa.

Apresiasi kepada Radar Banten juga disampaikan Wakil Ketua DPRD Banten Nuraeni. Kata dia, Women’s Carnival Radar Banten menjadi bukti masih ada media yang peduli terhadap perempuan. Selain itu, ia menyerukan agar perempuan mengoptimalkan kemampuannya untuk menjadi mandiri berdaya saing dan berakhlakul karimah tanpa meninggalkan kodrat.

“Hebatnya kayak apa, kalau tidak dibarengi akhlak tidak akan jadi mulia. Saya mengajak perempuan Banten berkiprah untuk kemajuan,” serunya.

Giliran Sekretaris Kaukus Perempuan Parlemen (KPP) Banten Encop Sofia yang menyampaikan pandangannya. Kata dia, Women’s Carnival menunjukkan Radar Banten sebagai media yang sensitif terhadap keadilan gender. “Kartini menginspirasi perempuan, di Banten kita harap media lain terinspirasi Radar Banten, memberikan perhatian ke perempuan,” ujarnya.

Senada dikatakan Ade Yuliasih yang menyebut acara tersebut mampu membawa semangat kepada perempuan untuk terus berbuat memberi manfaat. “Saatnya ibu-ibu memotivasi anak-anaknya untuk menjadi generasi yang bermanfaat di Banten. Marilah kita selalu belajar untuk menjadi maju,” seru anggota DPRD Banten dari Fraksi PPP itu.

Tidak kalah semangat, Ketua Persit Candrakirana Banten Prima Budi Haristawanto memberikan motivasinya kepada seluruh perempuan di Banten. Istri Komandan Korem 064/Maulana Yusuf itu mengatakan, bangga melihat perempuan-perempuan hebat yang ada di Banten. “Perempuan-perempuan Banten ke depan harus wow dalam pendidikan, etika, dan agama. Semoga ke depan akan terus lahir perempuan Banten yang menginspirasi, tidak hanya di Banten tetapi di Indonesia bahkan dunia,” ujarnya.

PENGHARGAAN RADAR BANTEN

Sebelum motivasi disampaikan dari masing-masing perwakilan perempuan, Direktur Radar Banten Mashudi menyampaikan bahwa Women’s Carnival Radar Banten diselenggarakan sebagai bentuk penghargaan Radar Banten bagi perempuan di Banten.

“Kami, Radar Banten, bersyukur dan bahagia bisa berkumpul dengan ibu-ibu semua. Perempuan-perempuan hebat yang melahirkan generasi hebat, generasi masa depan yang akan menentukan masa depan Banten. Apa yang kami laksanakan sebagai bentuk apresiasi kepada kaum perempuan yang pada bulan ini masih bernuansa peringatan Hari Kartini,” katanya.

Menurutnya, peran perempuan sangat penting dalam mewujudkan kemajuan. “Radar Banten berharap kartini-kartini di Banten mampu menunjukkan eksistensinya dan terus berkontribusi pada kemajuan tanpa melupakan kodratnya,” kata Mashudi.

Kata dia, di tengah derasnya hoax atau informasi menyesatkan, masyarakat perlu mengecek kebenarannya melalui media massa. “Jangan sampai kita termasuk golongan yang menyebarkan informasi sesat. Karena itu, harus bisa memilih media yang tepat agar bisa mendapatkan informasi yang sehat. Maka, kami mengajak untuk membaca Radar Banten,” serunya seraya memekikkan yel-yel “Banyak baca, banyak tahu”.

Pada kesempatan yang sama Walikota Serang Tb Haerul Jaman mengatakan, Women’s Carnival Radar Banten sebagai peringatan Hari Kartini menjadi persembahan Radar Banten yang membanggakan. “Ini sesuatu yang luar biasa karena kita lihat Radar Banten selalu eksis dan penuh kreativitas dalam menyajikan sesuatu untuk kita semua,” katanya.

Peringatan Kartini harus menjadi momen bagi perempuan di Banten dan Kota Serang untuk terus berkontribusi dalam pembangunan. Apalagi, Banten memiliki empat kepala daerah dari kalangan perempuan yang bisa menjadi penyemangat. “Inilah ujung partisipasi kita semua khusus wanita. Kita punya semangat untuk mewujudkan cita-cita dengan seluruh partisipasi para wanita,” ujarnya.

Di sela-sela seremonial itu, secara bertahap hadiah yang disiapkan panitia dibagikan dengan cara mengundi kupon. Peserta yang beruntung yang mendapatkan motor adalah Novita Sari dari Unyur, Kota Serang: Ratih dari Serang: dan Eka Amelia dari Kompleks Untirta Pakupatan, Kota Serang. Selain tiga motor, panitia juga menyediakan lima sepeda gunung, kulkas, kompos gas, kipas angin, handphone, dan hadiah menarik lainnya. Acara baru selesai pukul 11.25 WIB. (Supriyono/RBG)