Wonderful Banten Siap Digelar

SERANG – Setelah sukses menggelar event Sepeda Jelajah Wisata Banten (Sejabat) Seri 8 dengan rute 60,5 kilometer, Sabtu (31/8) lalu, kini Radar Banten kembali menggelar event sepeda yang lebih menantang. Yaitu bersepeda taraf nasional dengan tajuk “Wonderful Banten 2019.”

Wonderful Banten 2019 akan digelar Sabtu (30/11) dengan rute sepanjang 140 kilometer. Destinasi wisata di Kota Serang, Kabupaten Serang, dan Kabupaten Pandeglang akan dilalui oleh para peserta. Lintasan jalan menurun, datar, dan tanjakan serta kawasan pantai yang eksotis dipastikan menjadi daya tarik bagi peserta.

Direktur Radar Banten Mashudi mengatakan, Wonderful Banten merupakan event bersepeda pertama di Banten yang melibatkan peserta secara nasional. Mengusung konsep olahraga dan wisata, ditargetkan 500 peserta dari luar Banten akan turut menikmati keindahan alam Banten. Khususnya keindahan kawasan wisata Anyar dan Carita serta beberapa objek wisata lain seperti wisata sejarah dan religi.

“Seperti event Sejabat Merdeka yang lalu dengan konsep sepeda olahraga dan wisata. Nah, di Wonderful Banten akan ada kemasan yang berbeda. Sebagai bagian promosi objek wisata di Carita dan Anyar yang terdampak tsunami lalu,” kata Mashudi, Selasa (10/9).

Untuk pendaftaran event gowes Wonderful Banten 2019, panitia sudah membuka secara online di www.radarproductions.id. Mashudi mengungkapkan sejauh ini tanggapan pesepeda cukup baik. Mashudi menekankan keamanan peserta pada event itu menjadi prioritas utama.

“Sudah banyak yang menanyakan informasi Wonderful Banten. Seperti jenis sepeda seperti apa yang digunakan, rute, dan jaraknya. Kami berharap pesepeda dari dalam Provinsi Banten ikut berpartisipasi. Kalau peserta semakin banyak, kemeriahannya bisa terlihat,” jelas Mashudi.

Sementara itu, beberapa penelepon juga sudah menghubungi panitia menanyakan Wonderful Banten 2019. Kebanyakan menanyakan seputar jarak dan rute. “Kalau boleh tahu, rutenya melewati mana saja, Pak? Dan berapa kilometer jaraknya? Kami komunitas sepeda di Tangerang, punya 100 anggota. Kami berminat ikut Wonderful Banten,” tanya seorang wanita asal Tangerang.

Penelepon lain, seorang anggota kepolisian, berminat ikut sepanjang tidak mengganggu tugas dan ada tugas mendadak. “Saya ikut Pak Wid, kegiatannya tanggal berapa?,” tanya perwira menengah yang sudah bersahabat lama dengan panitia.

Soal sepeda yang boleh digunakan, dalam Wonderful Banten juga ditanyakan penelepon lainnya. Apakah boleh menggunakan sepeda MTB biasa atau khusus road bike (RB).

Mengenai rute pasti Wonderful Banten akan dirilis beberapa hari mendatang. Untuk sepeda yang boleh digunakan selain roadbike (RB), juga boleh menggunakan MTB, yang disesuaikan untuk trek jalan raya. Yang penting ban-nya harus menyesuaikan yang tidak lebar. (rbs-wid/alt/ags)