Wow, Atlet Panahan Banten Lolos ke Pelatnas

Panahan Banten
Atlet panahan Banten Risda Amelia (dua dari kiri) ketika tampil di Seleknas di lapangan panahan Senayan, DKI Jakarta, Minggu (14/2/2016). (Foto: Istimewa)

SERANG – Atlet asal Banten kembali membuktikan kualitasnya di kancah nasional. Setelah beberapa waktu lalu atlet gulat putri Banten Desi Sinta dipanggil Satuan Pelaksana (Satlak) Program Indonesia Emas (Prima) untuk menjalani pemusatan pelatihan nasional (pelatnas) jangka panjang sebagai persiapan menghadapi Asian Games 2018, kini giliran atlet panahan putri Risda Amalia (Kota Tangerang) yang akan menyusul ke pelatnas.

Risda Amalia (nomor compound putri) lolos ke pelatnas setelah sukses menembus posisi kelima pada ajang seleksi nasional (seleknas) yang digelar Pengurus Besar (PB) Persatuan Panahan Indonesia (Perpani) di lapangan panahan Senayan Jakarta dari Jumat-Minggu (12-14/2/2016). Sayangnya, dua arjuna Banten, Nucki Nugraha (nomor recurve putra) dan Sondang Edwardo (nomor recurve putra) gagal mengikuti jejak Risda.

Ketua Umum Pengprov Perpani Banten Ridwan mengaku bangga sekaligus senang atas lolosnya Risda menuju pelatnas. Hasil ini diharapkan mampu mendongkrak prestasi Risda di PON nanti. “Risda memiliki potensi yang luar biasa dan dia (Risda-red) merupakan atlet andalan kami. Mudah-mudahan performa Risda selama di pelatnas jangka panjang terus meningkat dan mampu bertahan serta menembus tim nasional untuk berlaga di SEA Games 2017 dan Asian Games 2018,” kata Ridwan, Selasa (16/2/2016) seperti dilansir Harian Radar Banten.

Ia menambahkan, lolosnya Risda di pelatnas telah mengangkat citra prestasi panahan Banten. Tentunya hal ini tak lepas dari ketekunannya dalam berlatih dan polesan tangan dingin para pelatih. “Risda memiliki semangat yang luar biasa dalam berlatih. Besar harapan kami agar Risda bisa berprestasi dan mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional. Tapi yang terpenting adalah meraih yang terbaik di PON XIX Jawa Barat untuk kontingen Banten,” imbuhnya.

Sementara itu, Pelatih Panahan Banten Imam Sugirman menyatakan, meski telah dinyatakan lolos, namun Risda harus bersabar menunggu pemanggilan dari PB untuk bergabung ke pelatnas. “Sebenarnya posisi Risda belum aman. Artinya, PB untuk sementara mengambil 200 persen hasil seleknas. Enam atlet terbaik akan dipanggil PB untuk menjalani pelatnas. Sambil berjalan, PB akan terus melakukan seleksi untuk mengerucutkan tiga atlet menjadi tim inti. Risda harus bisa meningkatkan kualitasnya selama pelatnas agar tetap bertahan. Kalau masih bertahan di peringkat kelima, Risda bisa didepak dari tim pelatnas. Karena PB hanya akan mengambil tiga atlet terbaik,” ucapnya.

Akan tetapi, ia mengaku optimistis Risda mampu memperbaiki peringkatnya dan bertahan di pelatnas. “Setiap enam bulan sekali akan dilakukan seleksi dan evaluasi. Kalau performanya menurun, dia bisa diganti oleh atlet lain. Tapi kami punya keyakinan bahwa penampilan Risda bisa lebih baik lagi,” tandas Imam. (RB/dre/air/ags)