Wow, Bahas Jawa Serang Eksis Sampai Belanda

SERANG – Eksistensi bahasa Jawa Serang atau Jaseng saat ini sudah tidak lagi hanya di Kota atau Kabupaten Serang.  Salah satu bahasa daerah di Banten tersebut telah sampai ke negara Belanda.

Mendunianya eksistensi bahasa Jawa Serang tak terlepas dari geliat komunitas Bahasa Jawa Serang (BJS),sebuah komunitas bebrbasis facebook yang saat ini telah masuk usia keenam tahun.

Lulu Jamaludin,  salah satu admin komunitas yang telah diikuti oleh 16,566 anggota tersebut menjelaskan,  sampainya bahasa Jawa Serang ke Belanda melalui desertasi Fauzan Hanafi,   salah satu mahasiswa S3 Universitas Leiden Belanda asal Jogjakarta.

“Desertasi mahasiwa itu membahas masalah dunia digital,  focusnya itu dari dunia maya ke dunia nyata,  kebetulan,  dia itu pernah ikut agenda bakti sosial yang digelar oleh BJS,  dari situ, dia terus mendalami untuk desertasinya,” ujar Lulu saat ditemui disela-sela perayaan  hari jadi BJS keenam di RuMah Dunia,  Ciloang Kota Serang,  Minggu (13/11).

Lulu melanjutkan,  selain di Belanda,  bahasa jawa Serang sendiri juga telah eksis disejumlah negara lain di benua asia dan eropa,  seperti Korea,  Mesir,  dan beberapa negara lainnya.  Eksisnya bahasa jawa Serang di negara-negara tersebut berkat campur tangan anggota BJS yang sedang melanjutkan studi dan bekerja di negera tersebut.

“Anggota kita banyak juga yang sedang bekerja di luar negeri,  mereka pun sering berpartisipasi dalam kegiatan BJS, seperti ikut serta menyumbang dalam setiap kegiatan sosial,” pungkasnya.

Terkait BJS,  lanjut Lulu,  komunjtas ini lahir untuk melestarikan bahasa Serang dan budayanya.

Milad Ke 6 Bahas Jawa Serang Kangge melestariken bahasa serang sareng budaya, namun dalam perjalanan waktu aktifitasnya pun banyak berkutat di wilayah sosial. Karena itu,  Lulu berharap, cita-cita lahirnya komunitas BJS bisa didukung oleh pemerintah daerah dengan menjadikan bahasa jawa Serang sebagai bahasa pemerintahan.  “Kalau di Bangdung ada Rabu sunda, di Serang ada Jumat Jaseng,” ujarnya.  (Bayu)