SERANG – Provinsi Banten akan menggelar acara pelatihan marching band pertama di Indonesia yang berkelas Internasional, pada 28 Maret mendatang. Kegiatan ini akan menjadi daya tarik wisatawan untuk datang ke Banten.

“Sudah kita siapkan untuk di pendopo (kantor eks Gubernur Banten). Ada 428 orang peserta. Sementara kapasitasnya 300 orang. Nanti kita bangun tenda di luar (pendopo),” kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Banten Opar Sohari, ditemui di kantornya, Kamis (12/2/2015).

Pelatihan ini akan di ikuti oleh pelatih dari 22 provinsi se-Indonesia dan dua negara asing, yakni Malaysia dan Hongkong, dengan pemateri dari Amerika Serikat. “Perwakilan dari (marching band) Pemprov saja. Hanya pelatihnya saja yang ikut. Untuk meningkatkan kualitas dan menyeragamkan,” terangnya.

Acara yang akan berlangsung selama tiga hari itu sekaligus juga untuk memberikan pelatihan kepada anggota Marching Band Gita Surosowan (MBGS) Banten yang beranggotakan 165 orang. Gita Surosowan sendiri merupakan juara dunia marching band di negeri Thailand tahun 2014 lalu, dan di tahun 2016 akan bertarung kembali di kejuaraan tertinggi dunia yang akan digelar di Amerika. (Wahyudin)