Wow! Gerhana Matahari 1983 Ternyata Lebih Gelap

GMT
Ilustrasi/ Inet

FENOMENA alam yang jarang terjadi, gerhana matahari akhirnya sudah melintasi DKI Jakarta, Rabu (9/3/2016) pagi sekitar pukul 07.38 WIB.

Salah satu lokasi untuk menyaksikan gerhana matahari bagi warga Ibu Kota adalah Planetarium yang terletak di kawasan Cikini, Jakarta Pusat.

Salah seorang pengunjung, Agus Suhendar mengaku, ingin melihat secara langsung peristiwa gerhana matahari di Planetarium. Dia sengaja membawa anak dan istrinya.

“Pengin lihat langsung saja, yang ramai kan di sini. Kebetulan anak saya juga ada tugas sekolahnya untuk melihat gerhana,” ungkapnya kepada JawaPos.com, Rabu (9/3/2016).

Pengunjung lainnya, Bayu Koosyadi juga beralasan sama, ingin menyaksikan fenomena langka yang hanya terjadi di Indonesia tersebut. Namun, menurut dia, gerhana matahari yang terjadi saat ini berbeda dengan yang terjadi sebelumnya, yakni pada 11 Juni 1983 silam.

Saat itu, kata dia, gerhana matahari melintasi Pulau Jawa dan terjadi siang hari sekitar pukul 11.00 WIB. “Tahun 1983 saya tinggal di Depok (Jawa Barat). Gerhana yang terjadi lebih lama dan lebih gelap daripada yang terjadi sekarang. Saat itu usia saya 8 tahun, jadi masih ingat betul,” terangnya saat berbincang dengan JawaPos.com. (fab/JPG/RB Online)