Wow! Gula Aren Terbesar di Cibaliung Pecahkan Rekor MURI

PANDEGLANG – Pada momen HUT Kemerdekaan RI ke-71 hari ini, warga Kecamatan Cibaliung, Kabupaten Pandeglang membuat sejarah. Mereka sukses membuat gula aren besar dan berhasil masuk Museum Rekor Indonesia (MURI).

Gula aren yang dibuat oleh 140 petani selama dua minggu berdiameter 100 cm, tebal 20 cm, dan berat 135 kg ini dibuat dari 1500 air nira yang diambil dari 300 pohon nira.

Hajatan yang disponsori Sampoerna Kretek ini dirayakan ribuan warga dengan menggelar pesta gula aren di Alun-alun Kecamatan Cibaliung.

Ketua Panitia Pesta Rakyat Sujana mengungkapkan, kegembiraan warga menjadi bagian dari pencapaian rekor ini. “Masyarakat Cibaliung sangat menjunjung tinggi nilai gotong-royong dalam kehidupan sehari-harinya. Terlebih lagi dalam hal pembuatan gula aren yang sangat membutuhkan kerja sama antar-perajin. Kali ini kita ingin merayakan bersama nilai-nilai tersebut agar menjadi suatu pengalaman berkesan bsgi masyarakat,” ungkap Sujana, Rabu (17/8).

Dengan kebersamaan, lanjut dia, tercetuslah ide membuat gula aren dengan ukuran yang lebih besar dan bentuk yang berbeda dari biasanya.

“Sampoerna Kretek yang ikut mendukung acara serta memupuk semangat kebersamaan dan memperkuat pertemanan, membuat acara seru dan menyenangkan bagi kami,” jelasnya.

 

aren17ags_2Artis ibukota, Peppy sengaja dihadirkan untuk ikut memeriahkan acara tersebut dan membuka peresmian perayaan pesta rakyat yang dihadiri oleh Camat Cibaliung, Kapolres Pandeglang, Koramil Pandeglang dan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Pandeglang.

Salah satu warga Cibaliung yang sengaja datang sejak siang hari, Jamhuri mengaku dirinya sangat terhibur dengan adanya pesta rakyat ini. “Seneng kan ada artisnya, jarang-jarang bisa nonton artis langsung,” katanya. (Wirda)