Wow! Hasil Program Tax Amnesty di Banten Capai Ratusan Ribu Triliun

0
491 views
ilustrasi (foto: Istimewa)

SERANG – Berdasarkan data yang diperoleh Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Banten, tercatat perolehan partisipasi masyarakat dalam pengampunan pajak atau Tax Amnesty di periode tiga awal tahun ini makin bertambah.

Hal tersebut terlihat dari data yang dihimpun pada Rabu (8/2) yang sudah mencapai sebesar Rp 114,222,72 triliun, jumlah tersebut terdiri dari dana repatriasi Rp 1,187,93 triliun, dana deklarasi dalam negeri Rp 100,756,67 triliun serta dana deklarasi luar negeri sebesar Rp 12,278,12 triliun.

Selanjutnya, uang tebusan surat pernyataan harta (SPH) Rp 2,430,38 triliun, jumlah tersebut terdiri dari uang tebusan orang pribadi dan non UMKM Rp 1,586 triliun, badan non UMKM Rp 692,62 miliar, orang pribadi UMKM Rp 136,72 miliar dan badan UMKM Rp 13,18 miliar.

Kepala Seksi Kerjasama dan Humas Kanwil DJP Banten Ika Retnaningtyas, mengantakan hingga periode tiga program Tax Amnesty menurut surat pernyataan harta (SPH) mencapai 32.161.000 orang.

“Untuk program Tax Amnesty periode tiga ini masih ada waktu hingga dua bulan kedepan yakni Februari sampai Maret,” katanya saat diwawancarai di sela-sela jam kerjanya, Jumat (10/2).

Sementara itu, lanjut dia, meskipun hingga saat ini perolehan program Tax Amnesty tersebut belum terlalu banyak, bin pihaknya menghimbau kepada masyarakat agar segera mengikuti program Tax Amnesty di periode tiga ini.

“Periode ini kami mau semua masyarakat terlibat aktif, Bahkan karyawan DJP pun diharapkan ikut Tax Amnesty di periode terakhir ini,”katanya.

Kendati demikian, dikarenakan tantangan di periode terakhir ini jauh lebih besar, dikarenakan berbarengan dengan penyampaian SPT tahunan, maka pihaknya meminta agar para pegawai tetap melayani dengan kualitas yang lebih baik dari sebelumnya.

“Oleh sebab itu, kami juga harus mendongrak tidak hanya wajib pajak besar, namun para semua lapisan masyarakat dan para pelakunya UMKM,” katanya. (Wirda)