SERANG-Walikota Serang Tb Haerul Jaman mendapatkan fasilitas mobil dinas (mobdin) baru, yakni Toyota Harrier yang harganya hampir Rp1 miliar. Kemarin (12/1), orang nomor satu di Pemkot Serang itu langsung menggunakan saat ke Puspemkot.

Jaman mengatakan, saat APBD perubahan tahun lalu ia ditawari mobdin baru. “Ya, saya bilang kalau anggarannya memungkinkan, tidak masalah,” ujar Jaman, Selasa (12/1).

Apalagi, tambahnya, usia mobdin jenis jip lama yang dikendarai, yakni Mitsubishi Pajero Sport sudah hampir lima tahun. Baginya, mobdin baru itu tak berlebihan. “Harganya tidak di atas Rp1 miliar,” ungkapnya. Saat ditawari mobdin, Jaman memang sudah mewanti-wanti agar tidak terlalu mahal.

Kata dia, kemarin ia menggunakan mobdin itu hanya untuk test drive saja. Sementara, urusan administrasinya belum selesai.

Pantauan Radar Banten, nomor polisi yang digunakan mobdin itu masih menggunakan pelat Mitsubisihi Pajero-nya, yakni A 1116 NR. Selain Pajero, Jaman juga sudah mendapatkan fasilitas mobdin jenis sedan Toyota Camry.

Namun, Jaman mengatakan, saat urusan administrasi Harrier barunya beres maka Pajero akan dikembalikan ke Sekretariat Daerah Kota Serang. “Nanti saya kembalikan yang Pajero, buat apa banyak-banyak,” ujarnya tertawa.

Kepala Bagian Umum Pemkot Serang Koswara Mulyana mengungkapkan, harga mobdin baru Jaman, yakni Rp960 juta yang dianggarkan pada APBD Perubahan tahun lalu. Jenis mobdin barunya, yakni Toyota Harier Premium 2.0 L dengan kapasitas mesin 2.000 cc.
Berdasarkan ketentuan, tambahnya, kepala daerah mendapatkan fasilitas dua mobdin, yakni sedan dan jip. Nantinya, Pajero yang digunakan Jaman akan dikembalikan. Pembelian mobdin baru bagi orang nomor satu di Kota Serang dikarenakan Pajero pun sudah hampir lima tahun.

Kata dia, pembelian mobdin baru itu hanya untuk Walikota, sedangkan Wakil Walikota Serang Sulhi tidak dapat. Sementara, tahun ini Bagian Umum tidak mengalokasikan anggaran untuk mobdin dan motor dinas baru karena sudah mencukupi. (nna/alt/dwi/RBOnline)