SERANG – Untuk memperingati Hari Santri Nasional pada 22 Oktober mendatang, Pemerintah Provinsi Banten menggelontorkan dana sebesar Rp3,7 miliar. Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Kepala Biro Kesra Provinsi Banten Irvan Santoso, saat ditemui siang tadi di ruang rapat Setda Provinsi Banten, Selasa (20/10/2015).

Menurut Irvan, sebagian besar dana tersebut dialokasikan sebagai uang saku santri yang direncanakan akan menghadiri peringatan Hari Santri Nasional tersebut, sebanyak 15000 santri dari seluruh Banten.

“Itu pun yang kita tanggung tidak seluruh santri, hanya 8000 santri dengan alokasi Rp200 ribu dengan potongan pajak, sedangkan untuk santri lainnya kami berkoordinasi dengam LPTQ dan Kanwil Kemenag,” papar Irvan.

Terkait rangkaian acara pada 22 Oktober mendatang, dimulai dengan acara pembukaan pasar rakyat dan warung amal oleh Gubernur Banten Rano Karno. Dengan warung amal ini, para santri dan masyarakat yang mengunjungi acara ini bisa mencicipi makanan dan minuman gratis.

“Acara dilanjutkan dengan shalat Dzuhur berjamaah, shalat taubat, dan shalat sunnah lainnya. Kemudian dilanjutkan dengan acara senandung doa untuk negeri berupa Istighosah yang dipimpin langsung oleh KH. Abuya Murtadho,” papar Irvan. (Bayu)