Wow! RT 07 Penuhi Semua Kategori

TAKTAKAN – Pengurus dan warga RT 07 RW 03, Kelurahan Kalanganyar, Kecamatan Taktakan, mampu memenuhi semua kategori Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020. Penilaian ini disampaikan oleh Tim 3 Juri LRLA Kota Serang 2020.

Bersih, hijau, indah, dan enak dipandang. Kesan inilah yang dirasakan tim juri saat tiba di RT 07, Rabu (6/5).

Tim juri yang dipimpin Ade Jumaiyah, perwakilan Tim Penggerak PKK Kota Serang, tak hanya disambut oleh Ketua RT 07 Muhamad dan warganya. Camat Taktakan Farach Rici, Lurah Kalanganyar Anis Rohman, Bhabinkamtibmas Brigpol Yana Andriyana, dan Babinsa Serka Suyanto pun turut menghadiri proses penilaian.

Tiga orang juri mengelilingi perkampungan di Lingkungan Pekijing tersebut. Pengurus dan warga RT 07 mengiringi Ade Jumaiyah, Iptu Bingonilah (perwakilan Polres Serang Kota), dan Hasanudin (perwakilan Karang Taruna Kota Serang) saat melalukan penilaian. Tim juri melihat bermacam tanaman hias dan bunga, tanaman obat keluarga (toga) tersebar di perkampungan ini. Tanaman ini tertata di balik pagar bambu sepanjang jalan sekira 300 meter.

Ruang terbuka hijau pun ada di RT ini. RTH dilengkapi taman baca, taman bermain anak, dan taman bunga dengan berbagai macam hiasan dari bambu.

Tim kemudian berpencar. Iptu Bingonilah mewawancarai Ketua RT 07 dan pemuda di pos ronda. Ade Jumaiyah dan Hasanudin mewawancarai pengurus kelompok pemuda penggerak lingkungan di RTH. Juri kemudian berkumpul di RTH.

“Sejak awal datang ke sini (RT 07-red), mata saya langsung terasa segar karena lingkungan RT ini bersih, indah, dan berwarna,” kata Ade Jumaiyah kepada Radar Banten.

Ia menilai, dari aspek kebersihan, enam kategori yang dilombakan di LRLA telah dipenuhi warga dan pengurus RT 07. Yakni, partisipasi warga, lingkungan paling berbunga, lingkungan terinovatif, lingkungan paling hijau, kelompok pemuda penggerak lingkungan, dan kelompok penggerak sadar hukum.

“Saya sampai bingung menilainya. Semua kriteria ada di sini,” ungkap istri Walikota Serang Syafrudin tersebut.

Ade meminta agar warga RT 07 terus memelihara kekompakan dan semangat mereka menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan sampai penilaian tahap kedua. ”Aje kendor. Harus dipertahankan, bahkan ditingkatkan lagi,” ujarnya.

Komponen penilaian dari aspek keamanan, Iptu Bingonilah pun menilai, telah terpenuhi. Hal itu dibuktikan dengan keberadaan pos ronda berikut sarananya. “Semua sudah lengkap. Tinggal nanti saya minta RT untuk buat simbol atau tanda bunyi kentongan,” katanya.

Lurah Kalanganyar Anis Rohman mengaku bangga dengan pencapaian warga dan pengurus RT 07 menata lingkungannya. Menurutnya, hal tersebut dilakukan warga RT 07 secara swadaya. “Saya pastikan, pada penilaian kedua nanti, Pekijing bakal jauh lebih bagus,” tegasnya. (mg06/don)