Wow…Seri Film Star Wars Ini Jadi yang Terlaris Ketiga Sepanjang Sejarah

Star Wars
Ilustrasi/ adweek.com

LOS ANGELES – Sudah hampir dua bulan diputar, seri film epik Star Wars episode ke tujuh: The Force Awakens masih menunjukkan kehebatannya. Berdasar data situs Box Office Mojo, film ini telah membukukan USD 1,998 miliar atau setara dengan Rp 27,16 triliun untuk pendapatan global sampai Jumat (5/2/2016).

Bila dihitung dengan pemutaran Sabtu (6/2/2016), Studio Disney memastikan pemasukan yang mereka dapat sudah menembus USD 2 miliar (Rp 27,19 triliun). Capaian itu mengantarkan The Force Awakens menjadi film ketiga dalam sejarah yang memperoleh pemasukan lebih dari USD 2 miliar. Posisi pertama masih dipegang Avatar (2009) dan Titanic (1997) di posisi kedua, seperti dilansir laman jpnn.com.

The Force Awakens boleh makin bangga lantaran pendapatan tersebut diraih dalam waktu 53 hari. Dalam kurun 50 hari pemutaran, Avatar saat itu hanya meraup pendapatan USD 612,7 juta (Rp 8,33 triliun) dan Titanic justru cuma USD 320 juta (Rp 4,351 triliun).

Dalam kurun 50 hari, film yang dibintangi bintang baru Daisy Ridley dan John Boyega itu juga sukses menembus rekor pendapatan tertinggi di Amerika Utara. Film garapan J.J. Abrams tersebut mencatat sejarah sebagai film dengan pemasukan lebih dari USD 900 miliar untuk pasar domestik.

Menurut pengamat film Anthony D’Alessandro, The Force Awakens masih berpeluang besar mengumpulkan pendapatan. Film itu masih tayang di sejumlah bioskop. ’’Saat ini sudah ditayangkan selama delapan minggu. Film ini berpeluang melebihi rekor 12 minggu tayang American Sniper,’’ paparnya pada situs Deadline.

Capaian tersebut pasti membuat Disney girang. Raksasa film itu merencanakan membuat trilogi, spin-off, dan serial lepas dari kisah yang diciptakan George Lucas tersebut. Disney bahkan telah merencakan merilis film bertema Star Wars setiap tahun.

Pada 16 Desember tahun ini, ada spin-off pertama Star Wars yang bertajuk Rogue One: A Star Wars Story. Pada 2017, akan ada episode kedelapan Star Wars.

Alan Horn, chairman Walt Disney Studios, menyatakan bahwa Disney memiliki ambisi menjaga Star Wars tetap hidup. ’’Capaian film ini amat menakjubkan. Kami ingin menjaga warisan Star Wars hingga generasi selanjutnya,’’ ungkap Horn. (fam/c14/ayi/jpnn)