Wow! TNI AL Bakal Latihan Bersama US Navy

TNI AL
TNI Angkatan Laut dan Angkatan Laut Amerika (US Navy) membahas skenario latihan bersama yang bertajuk Cooperation Afloat Readiness and Training (CARAT) 2016 di gedung Wisma Perwira Juanda Surabaya, Kamis (10/3/2016). (FOTO: Dispen Koarmatim for JPNN.com)

SURABAYATNI Angkatan Laut dan Angkatan Laut Amerika (US Navy) membahas skenario latihan bersama yang bertajuk Cooperation Afloat Readiness and Training (CARAT) 2016.

Pembahasan skenario latihan bersama dalam bentuk Initial Planning Conference (IPC) ini merupakan perencanaan awal dimana masing-masing delegasi membahas rencana kegiatan pada latihan bersama tersebut berlangsung di gedung Wisma Perwira Juanda Surabaya, Kamis (10/3/2016) seperti dilansir laman jpnn.com.

IPC Carat 2016 dihadiri sebanyak 19 orang delegasi US Navy dipimpin oleh Capt. Mark Stacpoole selaku Attache US Embassy. Sedangkan TNI AL mengirimkan 23 orang delegasi yang dipimpin oleh Paban III Lat Sopsal, Kolonel Laut (P) M. Zaenal.

Setelah acara pembukaan yang diresmikan oleh Paban III Lat Sopsal didampingi Capt Mark Stacpoole selaku Attache US Embassy, IPC Carat 2016 diawali dengan penyampaian rencana kegiatan oleh delegasi dari kedua Angkatan Laut.

Kepala Dinas Penerangan Koarmatim (Kadispenarmatim) Letkol Laut (KH) Maman Sulaeman mengatakan latihan bersama yang akan dilaksanakan pada awal Agustus 2016 mendatang, Carat 2016 tidak hanya diisi dengan kegiatan latihan bersama antara kedua Angkatan Laut. Namun kegiatan latihan bersama ini juga akan diisi dengan kegiatan bhakti sosial, santunan panti asuhan, simposium, Band Clinic, pentas musik serta olahraga bersama yang melibatkan personel US Navy, TNI Angkatan Laut,  masyarakat umum dan siswa dari beberapa sekolah wilayah Surabaya dan sekitarnya.

“Pembahasan pada IPC Carat ini dibagi menjadi beberapa work group discusion, dimana masing-masing grup membahas tentang rencana sesuai dengan bagiannya masing-masing,” kata Letkol Laut Manan Sulaeman. (fri/jpnn)