Wujudkan Kota Bersih, Pemkot Cilegon Beli Mobil Penyapu Jalan Rp3,9 Miliar

0
640 views
Mobil penyapu jalan milik Pemkot Cilegon.

CILEGON –  Pemkot Cilegon akhirnya memiliki mobil penyapu jalan otomatis (street sweeper). Secara langsung Walikota Cilegon Tb Iman Ariyadi menyerahkan kendaraan itu kepada Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Cilegon agar segera difungsikan, Rabu (4/1).

Kasi Sarana dan Prasarana DKP Kota Cilegon Nopi Kusuma mengatakan, mobil street sweeper dibeli sesuai harga lelang sebesar Rp3.996.000.000.

“Yang ini hanya untuk jalan protokol saja, dari PCI sampai depan Pemkot Cilegon. Akan difungsikan setiap dua hari sekali, belum rutin. Kalau bagus akan kita fungsikan setiap hari. Fungsi kerjanya membersihkan jalan, nyapu, dan menyedot air dengan kapasitas lima meter kubik,” ujar Nopi.

Kata Nopi, DKP Cilegon masih melakukan uji coba fungsi mobil ini. Jika dianggap dapat bekerja dengan maksimal, DKP akan mengajukan satu unit kendaraan kembali pada tahun 2018. “Ini kan masih inovasi baru. Kita masih percobaan. Kalau ini berhasil tahun depan akan kita ajukan kembali untuk JLS dan JLU. Target ada dua kendaraan,” katanya.

Walikota Cilegon Tb Iman Ariyadi berharap mobil street sweeper digunakan oleh DKP secara maksimal. “Saya sudah bilang ke kadis kebersihan, jadwalnya kalau perlu menjelang subuh atau malam dibersihkan sehingga pagi sudah kelihatan bersih semua, terutama trotoar,” ujar Iman. (Riko)

Dijelaskan Iman, secara perlahan Pemkot Cilegon akan menambah unit mobil streer sweeper yang fungsinya untuk mengepel jalan. “Memang ada satu lagi tadi yang diusulkan soal mobil yang untuk ngepelnya. Satu-satu dululah duitnya kan belum ada, pelan-pelan. Yang penting bisa dilaksanakan,” ucapnya. (Riko)