Wujudkan Pilkada Damai

0
497 views

SERANG – Tahapan pendaftaran bakal pasangan calon Bupati-Wakil Bupati dan Walikota-Wakil Walikota pada Pilkada Serentak 2020 sudah dimulai sejak Jumat (4/9). Pertarungan sengit bakal terjadi di empat daerah di Banten yakni Kabupaten Serang, Kota Cilegon, Kabupaten Pandeglang, serta Kota Tangerang Selatan.

Para kandidat yang sudah resmi mendaftarkan ke KPU di empat wilayah masing-masing tersebut, mayoritas menginginkan bahwa pelaksanaan pilkada serentak ini berlangsung damai, jujur dan adil.

Seperti diungkapkan pasangan calon petahana pada Pilkada Kabupaten Serang Ratu Tatu Chasanah-Pandji Tirtayasa. Di depan ribuan tim dan pendukungnya Tatu mengimbau untuk mewujudkan pilkada damai. Yakni, dengan tidak menebar informasi bohong atau hoax dan tidak menjatuhkan satu sama lain. “Kita harus jalani proses pilkada ini dengan penuh kebaikan, berkampanye secara santun, hindari fitnah dan jangan saling menjatuhkan. Kita jalani pesta demokrasi ini dengan ceria,” kata Tatu saat deklarasi pasangan calon di Alun-alun Kramatwatu, Kabupaten Serang sebelum mendaftar ke KPU, Sabtu (5/9).

Menurut Tatu, proses Pilkada Kabupaten Serang harus diawali dengan niat baik, dalam rangka ibadah, dan pengabdian diri terhadap masyarakat Kabupaten Serang. “Maka kita awali proses pilkada ini dengan doa bersama, dengan ratusan ulama, partai pengusung, relawan, dan pendukung Tatu-Pandji. Terima kasih atas doa yang dipanjatkan untuk kami, bismillah kita jalani proses pilkada ini dengan baik,” ujarnya. 

Senada dikatakan, bakal calon Wakil Bupati (Balonwabup) Pandeglang Tanto Warsono Arban. Tanto yang berpasangan dengan Irna Narulita ini mengajak kepada semua pihak menjaga suasana kondusif agar tidak terjadi perselisihan yang membuat perpecahan antar masyarakat. Selain itu, kata dia, semua pihak harus bisa menerima hasil pilihan masyarakat di ajang pesta demokrasi tersebut.

“Mari sama-sama kedepankan politik demokrasi yang tidak memecah belah masyarakat. Karena momen pesta demokrasi adalah momen kita bersama, besar harapan kami kepada semua pihak pendukung bisa mengedepankan kejujuran keadilan tanpa memecah belah. Insya Allah ke depan, siapa pun pemenangnya maslahat untuk masyarakat Kabupaten Pandeglang,” katanya saat mendaftarkan diri bersama Irna Narulita ke KPU Kabupaten Pandeglang, Sabtu (5/9).

Rival Irna-Tanto yakni Thoni Fatoni Mukson-Miftahul Tamamy pun tidak mau lengah dalam kontestasi pilkada ini. Thoni meminta kepada para penyelenggara pemilu agar bersikap adil dan menindaklanjuti setiap bentuk kecurangan tanpa terkecuali. Tujuannya, agar terwujud pesta demokrasi yang adil dan jujur serta transparan. “Kami minta diperlakukan secara adil, kami tidak mau lagi dipertontonkan hal yang melanggar aturan tapi dibiarkan, tetapi harus adil dan bertindak jujur. Jangan sampai membenarkan sesuatu yang salah,” kata politisi PKB ini saat mendaftar ke KPU Kabupetan Pandeglang bersama Tamamy, kemarin (6/9).

Thoni berjanji akan melakukan perubahan mendasar dalam memimpin Pandeglang agar bisa menjadi daerah maju dan bisa bersaing dengan daerah lain di Banten. “Kami tidak punya apa-apa, kami cuma punya sebagian besar masyarakat dan rakyat Kabupaten Pandeglang yang menginginkan perubahan. Jangan ajarkan kami kekerasan jangan ajarkan kami berbuat salah, kami akan jamin pelaksanaan pemilu aman dan nikmat,” katanya.

Bakal calon Walikota Cileegon Helldy Agustian mengajak kepada seluruh pihak untuk bersama menciptakan pilkada yang damai dan kondusif. Menurutnya hal itu bisa terwujud jika semua pihak berkerja atau bersikap sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Calon Walikota Tangsel Benyamin Davnie berharap, kontestasi Pilkada berjalan damai dan aman. Selain itu, tetap menjaga protokol kesehatan Covid-19. “Kita berharap bisa saling menjaga kondusifitas Pilkada sehingga pelaksanaanya berjalan lancar dan aman,” kata saat mendaftar ke KPU Kota Tangsel (5/9).

“Kontestasi pilkada ini, intinya kan gagasan para calon. Bagaimana bisa menyakinkan masyarakat akan visi dan misi sehingga layak dipilih menjadi pemimpin di Tangsel,” tambahnya. (jek-dib-bam-you/air)