XL Dirikan Posko Bantuan Korban Banjir Bima dan Sumbawa

0
478 views
foto istimewa

SERANG – Dalam menangani dampak bencana banjir bandang yang terjadi di Bima dan Sumbawa pada 21 Desember 2016 lalu, XL mendirikan posko bantuan di alun-alun Bima yang bekerjasama dengan Brimob.

“Didalam Posko ini masyarakat bisa mendapatkan makanan dan obat-obatan dan juga bisa memanfaatkan fasilitas telelpon umum gratis yang disediakan oleh XL,” ujar Vice President XL East Region Desy Sari Dewi melalui siaran pers, Jumat(23/12).

Desy menuturkan, XL pun terus berusaha kuat untuk menjaga agar jaringan telekomunikasi di daerah tersebut tetap stabil. ‚ÄúPetugas XL masih terus berusaha keras untuk menjaga BTS-BTS yang ada di lokasi agar tetap beroperasi dan melayani masyarakat yang membutuhkan sarana komunikasi,” ujarnya.

Selain itu, lanjut Desy, tim XL juga membagikan kartu perdana gratis kepada masyarakat yang membutuhkan. XL juga akan mendirikan Mobile BTS (MBTS) di titik strategis untuk menambah cakupan layanan yang ada di lokasi bencana. XL juga menyediakan Hot Line di nomor 081906904040 yang bisa dihubungi untuk menanyakan situasi yang ada di Bima.

Desy menjelaskan meski sejumlah BTS padam karena tidak mendapatkan aliran listrik atau karena sebab teknis lainnya, namun sebagian besar BTS masih tetap bisa beroperasi dan layanan XL tetap bisa menjadi sarana komunikasi dan mengirimkan informasi dari dan ke daerah bencana. XL juga telah mengirimkan tim untuk memberi bantuan ke beberapa titik lokasi bencana secara cepat.

“Untuk menyalakannya kembali BTS yang padam, tim XL terkendala oleh genangan banjir yang masih tinggi di sejumlah wilayah. Namun petugas XL telah menyiapkan portable genset untuk menghidupkan kembali BTS-BTS tersebut. Banjir selain menyulitkan petugas datang ke lokasi BTS, juga ada kemungkinan merendam perangkat BTS yang ada di bawah menara. Dari total seluruh BTS yang ada di Kota dan Kabupaten Bima, serta Kabupaten Sumbawa ada sekitar 50% yang padam,” tuturnya.

Untuk diketahui Tim XL akan terus memantau kondisi di lapangan, selain untuk menangani kendala jaringan yang terjadi juga untuk mengidentifikasi bantuan lanjutan sesuai kebutuhan korban. Tim XL juga akan menempatkan layanan telepon umum gratis di beberapa lokasi untuk memudahkan masyarakat dan aparat yang perlu berkomunikasi. (Adef)