XL Perluas Jaringan 4G

Region Group Head XL Axiata Regional Jabodetabek dan Kalimantan, Francky Rinaldo (kiri) Pakpahan menjelaskan kesriusan peningkatan kualitas layanan ke sejumlah wilayah di Indonesia, Minggu (8/12).

TANGERANG- PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) terus meningkatkan kualitas layanan di wilayah Jabodetabek, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Utara (Jabobetabek dan Kalimantan). Pesatnya peningkatan trafik data dan berkembangnya pasar di area luar Jawa mendorong XL Axiata menyiapkan berbagai rencana strategis guna memenuhi segala ekspektasi pelanggan.

Region Group Head XL Axiata Regional Jabodetabek dan Kalimantan, Francky Rinaldo Pakpahan mengatakan, rencana tersebut adalah berlanjutnya perluasan jaringan data 4G, fiberisasi, juga peluncuran produk yang disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan.

Menurutnya di tingkat regional, pihaknya berhadapan langsung dengan kompetisi yang ketat dalam meyakinkan masyarakat pengguna layanan data. “Kami harus mampu memenuhi ekspektasi masyarakat dan pelanggan agar mereka percaya dan setia dengan produk XL Axiata. Meskipun begitu, kompetisi yang ketat bukanlah penghalang. Kompetisi justru mendorong kami untuk terus menjaga performa sehingga bisa memenuhi semua ekspektasi pelanggan. Dan akan melakukan apapun agar pelanggan nyaman,” katanya, Minggu (8/12).

Francky menambahkan, pola dan trend penggunaan layanan data rata-rata memang terus meningkat di semua area dan bahkan secara nasional. Namun di setiap area memiliki karakteristik pengguna yang khas. Dia menjabarkan, area Jabodetabek dengan karakter pengguna yang sangat mobile dan lebih membutuhkan kualitas jaringan yang prima, lalu kota-kota pinggiran Ibukota yang juga lumayan tinggi trafiknya, hingga sebagian Kalimantan yang terus memperluasan jaringan data dan ekosistem.

Hingga akhir September 2019, total jumlah pelanggan di regional Jabodetabek dan Kalimantan mencapai 15 juta, meningkat dari 13 juta di periode yang sama tahun sebelumnya. Area Jabodetabek mencatatkan jumlah pelanggan tertinggi, yaitu sebanyak lebih dari 90 persen. Peningkatan juga terjadi pada trafik penggunaan layanan data, yang meningkat sekitar 30 persen YoY. Khusus layanan data 4G meningkat sekitar 41 persen. Sementara itu, laju peningkatan trafik tertinggi terjadi di area Kalimantan Timur yang mencapai lebih dari 60 persen di periode setahun terakhir. (Ade Mualana)