XL Tingkatkan Teknologi 4.5G di Jabodetabek

0
793 views

JAKARTA – PT XL Axiata Tbk (XL) berinisiatif meningkatkan kualitas jaringan di tahun 2017. Caranya XL terus meningkatkan teknologi 4.5G di BTS-BTS XL di wilayah Jabodetabek. Hal tersebut salah satu langkah yang dilakukan secara intensif demi menjaga dan meningkatkan kenyamanan pengguna data XL yang mencapai lebih dari 50 persen dari pelanggan XL di Jabodetabek.

“Peningkatan kualitas jaringan merupakan salah satu bagian penting dari upaya kami meningkatkan kualitas layanan hingga pelosok di wilayah Jabodetabek. Semakin baik kualitas jaringan akan menopang semua aspek kualitas layanan. Upaya yang kami lakukan meliputi dua hal, yaitu peningkatan kapasitas dan ekspansi jaringan baik di jaringan 3G maupun di jaringan 4G LTE,” kata Vice President XL Jabodetabek, Bambang Parikesit melalui siaran pers yang diterima Radar Banten Online, Senin (20/2).

Bambang menjelaskan, pada 2017, XL telah menyiapkan lebih dari 80 persen anggaran belanja modal (capex) untuk meneruskan upaya peningkatan kualitas dan perluasan jaringan dengan memanfaatkan layanan 3G melalui frekuensi 900MHz ke wilayah-wilayah baru yang belum tersedia layanan data. Selain itu, XL juga terus meningkatkan kualitas layanan data melalui perluasan layanan 4G LTE di wilayah-wilayah yang memiliki kebutuhan data tinggi di wilayah Jabodetabek.

“XL terus berinovasi dalam meningkatkan kapasitas dan kualitas jaringan 4G LTE dengan implementasi BTS 4.5G ready yang akan mendukung teknologi 4.5G tanpa perlu upgrade BTS. Teknologi 4×4 MIMO dengan menggandakan jumlah cabang antena BTS dari 2×2 menjadi 4×4 telah diimplentasikan di Jabodetabek dan memberikan manfaat kenaikan kecepatan data, kekuatan penetrasi sinyal dan kestabilan akses data. BTS 4.5G ready ini juga sudah mendukung teknologi high modulation 256 QAM yang akan menaikkan kecepatan layanan data 30 persen di atas jaringan 4G,” tuturnya. (*/Ade F)