Yahh… Jadwal Tayang Avatar 2 Mundur

Net. ILUSTRASI
Net. ILUSTRASI

PARA penggemar box office film yang menunggu Avatar 2 dirilis sepertinya masih harus bersabar. Sebab, penayangan perdana sekuel film berlatar dunia Pandora karya James cameron yang rencananya rilis pada Natal 2017 itu, ditunda.

Walaupun demikian, sayangnya 20th Century Fox belum memberikan pernyataan mengenai alasan penundaan dan tanggal rilis baru sekuel Avatar ini. CEO dan Chairman Fox Jim Gianopulos menjelaskan bahwa James Cameron selaku sutradara ingin Avatar 2 digarap dengan amat detail. ’’Dia (Cameron) berbeda dengan sutradara lain. Dia punya ritme kerja sendiri,’’ ungkap Gianopulos sebagaimana dilansir The Hollywood Reporter, Senin (25/01/2016).

“Tampaknya, hanya dia satu-satunya sutradara di ranah film fantasi yang punya jadwal kerja superfleksibel,’’ lanjutnya.

Untuk proyek Avatar, misalnya, Cameron menghabiskan waktu 13 tahun sebelum filmnya tayang pada 2009. Namun, ritme kerja Cameron cukup bisa dimaklumi lantaran setiap karyanya selalu berakhir manis. Terbukti, ada Avatar, Titanic, dan The Terminator yang mampu mencatat rekor dan prestasi yang apik.

Penundaan jadwal tayang itu kali kesekian dilakukan Cameron. Pada 2013, dia pernah menyatakan bakal menggarap tiga serial Avatar sekaligus. Film tersebut akan dirilis berturut-turut pada 2014, 2015, dan 2016. ’’Namun, harus kutegaskan, tanggal premiere tidak penting. Yang penting, tiga film itu selesai dulu,’’ tegasnya.

Kini belum ada kejelasan tentang premiere film Avatar 2. Banyak yang berpendapat bahwa mundurnya jadwal tayang film tersebut berhubungan dengan rilisnya episode VIII Star Wars pada 15 Desember 2017. Sebelumnya, Star Wars mengumumkan jadwal tayangnya pada Mei 2017. Namun, mereka kemudian memundurkan tanggal rilisnya pada Desember. ’’Tentu saja, slot tayang di bioskop dan IMAX terpengaruh saat ada dua film kandidat box office yang rilis,’’ jelas Chris Cabin, editor situs Collider.

Proses produksi Avatar 2 memang bakal sangat detail. Perfeksionisme Cameron tergambar dari penggarapan miniatur Pandora yang dikebut sejak dua tahun lalu. ’’Film itu akan menggunakan teknologi pengambilan gambar dalam air yang merupakan spesialisasinya,’’ ujar sumber. (jp/RBOnline)