Yandri: Jaga Nilai-nilai Pancasila

Anggota DPR RI dari Fraksi PAN Yandri Susanto saat menyampaikan Empat Pilar Kebangsaan di Desa Terate, pada 5 September 2018.

SERANG – Anggota DPR RI dari Fraksi PAN Yandri Susanto menyampaikan pentingnya Pancasila sebagai dasar negara. Pancasila, kata Yandri, merupakan falsafah kehidupan berbangsa dan bernegara menuju negara yang adil, makmur, dan sejahtera.

“Nilai-nilai Pancasila sangat relevan dengan kehidupan berbangsa dan bernegara,” kata Yandri saat sosialisasi Empat Pilar MPR di Desa Terate, Kecamatan Bojonegara, Kabupaten Serang pada 5 September 2018.

Sebagai anak bangsa, sambung Yandri, sudah selayaknya menjaga nilai-nilai Pancasila sebagai landasan fundamental bagi penyelenggaraan negara. “Nilai-nilai Pancasila itu termaktub dalam lima sila dalam Pancasila. Nah, itu yang harus kita pelihara terus,” ujarnya.

Yandri juga mengajak kepada warga untuk menjaga gotong royong dan persatuan. Hal itu sesuai dengan nilai-nilai Pancasila terutama sila ketiga yaitu persatuan Indonesia. “Gotong royong adalah salah satu ciri masyarakat kita, dengan bergotong royong kita bisa mengikat persatuan dan kesatuan,” katanya.

Selain itu Yandri juga menegaskan bahwa tantangan saat ini sangat berat bagi generasi muda. Seperti ancaman narkoba, miras, dan LGBT. Oleh karena itu, masyarakat harus meningkatkan siskamling sebagai sistem keamanan lingkungan. “Peredaran miras, narkoba sudah massif dan menjamah kampung kampung. Oleh karena itu kita harus bersatu dan bersama sama untuk memeranginya,” ujar anggota Dewan dari dapil Banten 2 ini (Serang-Cilegon).

Dalam acara itu juga dibuka dialog antara warga dengan Yandri. Saat sesi dialog dibuka, banyak warga menyambut baik sosialisasi ini sebagai wawasan kebangsaan. Warga juga mengapresiasi Yandri Susanto yang mau langsung mendengarkan aspirasi warga. Sebab forum sosialisasi ini juga dimanfaatkan warga untuk menyampaikan aspirasinya terutama soal infrastruktur jalan, pendidikan, dan kesehatan.

Acara sosialisasi ini dihadiri ratusan warga, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, mahasiswa dan aktivis lingkungan yang digelar di halaman sekolah. Kegiatan berlangsung lancar dan tertib hingga acara usai. (Alt)