SERANG – Komunitas Bahasa Jawa Serang (BJS) dan Fesbuk Banten News (FBn), besok akan menggelar Festival Dolanan di Alun-alun Serang.

Sejumlah permainan anak-anak masa lalu seperti, koleceran, gatrik, gobag sodor, perahu klotok, loncat karet, engkle, enggrang, gelindingan ban bekas, ludo, congklak, halma, dasdasan, bebedilan, boyboyan, akan digelar pada event yang akan berlangsung sejak pagi ini. “Kegiatan ini tidak hanya untuk anggota Komunitas BJS tapi juga terbuka untuk umum dan gratis,” ungkap Suryadi, koordinator acara kepada Radar Banten Online, Sabtu (26/12/2015).

Dikatakan, kegiatan ini untuk mengenalkan dan melestarikan kembali permainan tradisional. “Selain sebagai komunitas yang melestarikan Bahasa Jawa Serang, kami juga ingin ikut serta melestarikan budaya di masyarakat, termasuk permainan tradisional,” ujarnya.

Menurutnya, dolanan tradisional tak kalah menarik dibandingkan dengan permainan modern. Dikatakan, banyak nilai positif yang dapat diambil dari permainan tradisional. “Selain melatih kreativitas, dolanan tradisional juga bisa untuk melatih kebersamaan, bersosialisasi, gerak motorik, bahkan kemampuan intelektual,” ujarnya. (Qizink)