Yuk ke Iwak Banten, Sentra Penjualan Ikan dan Olahannya

SERANG – Asda II Provinsi Banten, Ino S Rawita mengapresiasi dibukanya sentra ikan di Banten yakni Iwak Banten, yang hari ini resmi dibuka oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Banten bersama para pelaku usaha dan pengelola Iwak Banten, Kamis (16/3).

Iwak Banten yang berlokasi di Jl Jenderal Sudirman, Penancangan, Sumur Pecung, Kota Serang, merupakan salah satu wadah yang diberikan Pemerintah Provinsi Banten yang dipinjam pakaikan untuk para pelaku UMKM di Kabupaten dan Kota Serang.

“Ini sebuah terobosan dari Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Banten yang bekerja sama dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan. Yang akan menjadi sebuah sentra yang dipandang bagus bagi masyarakat, karena dengan adanya wadah atau banyak penjual ikan, masyarakat akan mengkonsumsi ikan (dan) akan menjadi sehat,” kata Ino saat diwawancarai seusai menghadiri acara peresmian Iwak Banten.

Wadah yang difasilitasi oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Banten tersebut menyediakan berbagai produk olahan ikan serta ikan hias, yang juga akan menjadi salah satu destinasi wisata bagi masyarakat lokal maupun pendatang.

“Rencananya nanti akan dipadukan dengan program kepariwisataan, yang dicanangkan oleh Dinas Pariwisata Provinsi Banten. Nanti di sini kita adakan kuliner ikan, sehingga masyarakat pendatang bisa mampir ke sini dulu sebelum melakukan pelesir ke Banten,” ujarnya.

Selain untuk daya tarik bagi wisatawan, adanya Iwak Banten tersebut juga diharapkan sebagai pendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Provinsi Banten.

“Kami harapkan ujungnya dapat menyejahterakan masyarakat di Banten, dan kami harapkan khususnya masyarakat Banten harus lebih memfavoritkan kuliner ikan, karena di Banten ikannya melimpah tapi masyarakat belum terlalu senang dengan kuliner olahan ikan,” harapnya. (Wirda)