Yuk, Kenali 12 Indikatornya dan Jadi Keluarga Sehat!

Ilustrasi
Ilustrasi

SERANG – Demi mewujudkan Indonesia sehat, Dinas Kesehatan Provinsi Banten melalui Kepala Bidang Pembinaan Kesehatan Masyarakat Mahmud mengimbau masyarakat menjalani dan menjadi keluarga sehat.

Dijelaskannya Rabu (3/2/2016), ada 12 indikator keluarga sehat yang dibagi dalam lima poin. “Yang pertama lima indikator dalam gizi kesehatan ibu dan anak. Yaitu keluarga mengerti program KB, ibu hamil memeriksa kehamilannya sesuai standar, balita mendapatkan imunisasi lengkap, pemberian ASI ekslusif 0-6 bulan dan pemantauan pertumbuhan balita,” katanya.

Sementara dalam pengendalian penyakit menular dan tidak menular, lanjut Mahmud, dua indikator lainnya adalah penderita hipertensi yang berobat teratur dan penderita TB paru yang berobat sesuai standar. “Untuk dua indikator dalam perilaku sehat, yaitu tidak adanya anggota keluarga yang merokok. Lalu sekeluarga juga sudah menjadi anggota JKM,” papar dia lagi.

Dijelaskan Mahmud, untuk ketiga indikator terakhir adalah indikator dalam poin rumah/lingkungan sehat dan kesehatan jiwa. “Seperti mempunyai sarana air bersih dan menggunakan jamban keluarga, serta anggota keluarga akses dalam pelayanan kesehatan keluarga.” (Viane)