Zaki Ikut Bantu Airin, Atasi Jebolnya Turap TPA Cipeucang

0
527 views
Cairan Biotech sebagai penetral bau sampah yang diberikan Pemkab Tangerang kepada Pemkot Tangsel untuk menangani TPA Cipeucang yang mencemari Sungai Cisadane.

TIGARAKSA – Pemkab Tangerang memberikan bantuan cairan Biotech sebagai penetral bau sampah kepada Pemkot Tangsel untuk menangani TPA Cipeucang Serpong yang longsor dan mencemari Sungai Cisadane.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tangerang A Taufik mengatakan, Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar mengintruksikan agar membantu Kota Tangsel dalam mengatasi bau akibat longsoran TPA Cipeucang ini.

”Kita memberikan bantuan sebanyak 40 ribu liter atau delapan unit mobil pemadam untuk penyemprotan cairan biotech untuk mengatasi aroma menyengat yang ditimbulkan oleh TPA Cipeucang pasca longsor dan menutupi sungai Cisadane,” terangnya, Sabtu (23/5).

Taufik mengaku penyerahan dilakukan di TPA Cipeucang dan cairan ini bisa langsung digunakan untuk meredam bau yang tidak sedap itu menyebar. ”Cairan biotech ini biasa kita gunakan untuk penanganan aroma bau tak sedap di TPA Jatiwaringin,” paparnya seraya mengatakan dampak bau yang menyebar radiusnya cukup jauh.

Taufik memastikan pihaknya siap membantu Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangsel melakukan pengerukan sampah jika memang dibutuhkan. ”Sebagai saudara tua di Tangerang Raya, Kabupaten Tangerang selalu siap untuk membantu saudara mudanya jika membutuhkan,” paparnya.

Seperti diketahui, bangunan turap TPA Cipeucang jebol, Jumat (22/5) lalu. Akibatnya, sampah yang menggunung itu tumpah dan menggenangi Sungai Cisadane. Jebolnya turap itu diduga karena tak kuat menahan beban air dan volume sampah. Turap itu dibangun saat Kepala Dinas Kebersihan, Pertamanan dan Pemakaman saat itu dijabat M Taher Rochmadi.

Sementara itu, salah seorang warga Tangsel Abdul Rojak mengapresiasi Bupati Tangerang Zaki Iskandar yang mau membantu menyelesaikan masalah TPA Cipeucang. “Ini masalah serius yang sangat berdampak kepada masyarakat Tangsel,” pungkasnya. (asp/rbnn)